HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Taman Siswa Dan Pondok Pesantren Krapyak

Contoh Tesis– Pendidikan Karakter Pola Taman Siswa Dan Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta

Motivasi Belajar Taman Siswa Dan Pondok Pesantren Krapyak

A.  Latar Belakang Masalah

Dewasa ini globalisasi merupakan kenyataan yang dapat mempengaruhi semua  segikehidupan. Segibatas wilayah sudah tidak menjadi penghalang untuk mengetahui perkembangan informasi di dunia, salah satunya informasi bidang pendidikan. Pendidikan menjadi bagian yang penting untuk mengembangkan peradaban bangsa. Sejumlah peradaban besar tidak lahir dari kegiatan ekonomi dan politik semata, tetapi juga lahir daripendidikan. Nilai-nilai pendidikan akan menjadi dasar peradaban apabila negara mendorong penuh usaha memperbaiki sistem, sarana, kebijakan yang tepat dan didukung sumber daya manusia yang profesional.  Ini yang menjadi tantangan dunia pendidikan di Indonesia.

Tantangan pendidikan tidak terlepas dengan adanya krisis yangmulai merusakdunia pendidikandi Indonesia. Menurut Winarno(2007: 4), pendidikan dan kebudayaan ibarat keping mata uang logam,antarsisi satu dengan sisi yang lain tidak bisa saling dilepaskan. Pendidikan tanpa kebudayaan menjadi tidak bermakna, sebaliknya kebudayaan tanpa pendidikan tidak akan berpijak ke bumi.

B.  Rumusan Masalah

Pentingnya pendidikan karakter yang diterapkan di Tamansiswa dan Pondok Pesantren  Krapyak Yogyakarta dapat dilihat dari latar belakang tersebut. Untuk memperjelas mengenai pola penerapan pendidikan karakter di Tamansiswa dan Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut.

  1. Bagaimana pola penerapan pendidikan karakter di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan dan Madrasah Aliyah Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta?
  2. Bagaimana persepsi pengajar dansiswa di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan dan Madrasah Aliyah Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta terhadap pendidikan karakter?
  3. Bagaimana aktualisasiatau pengamalannilai karakter pada siswa di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan danMadrasah Aliyah Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta?

C.  Hasil Penelitian

Pola penerapan pendidikan karakter di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan dan MA Ali Maksum menggunakan pola yang hampir sama yaitu melalui kurikulum pembelajaran (terdapat pelajaran yang mengajarkan akhlak atau budi pekerti), kegiatan ekstrakurikuler, budaya sekolah, dan keteladanan guru. Pola lain yang diterapkan di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan adalah sistem among yaitu metode mendidik yang berjiwa kekeluargaan yang bersendi kepada kemerdekaan dan kodrat alam. Sistem ini diterapkan untuk memberikan siswa kemerdekaan untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya dengan pendekatan kekeluargaan.  Pola yang lain untuk mengembangkan pendidikan karakter di MA Ali Maksum dengan model asrama (pondok pesantren).

D.  Saran

  1. Kepada pemerintah, khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerbitkan buku pedoman petunjuk pelaksanaan pendidikan karakter sampai hal teknis, supaya memudahkan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah.
  2. Untuk  SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan peran guru dalam proses pembelajaran lebih dioptimalkan lagi, karena peran guru sangat strategis dalam pembentukan karakter.
  3. Guru hendaknya bukan hanya sekedar mentransfer atau menyalurkan ilmu saja melainkan juga penting mengajarkan nilai-nilai akhlak mulia atau budi pekerti kepada siswa. Untuk di MA Ali Maksum perlu hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang beragam  dan inovatif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran menarik akan membuat pelajaran menarik, sehingga mengurangi kepenatan siswa.

Leave a Reply