HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Dan Prestasi Siswa

Contoh Tesis– Penerapan Strategi Belajar PQ4R Untuk Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Dan Prestasi Siswa di SMP Negeri I Bulu Kabupaten Sukoharjo ( Penelitian Tindakan 

Minat Baca Al- Qur'an Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Dan Prestasi Siswa

A.  Latar Belakang Masalah

Pemenuhan terhadap pendidikan keagamaan berbarengan perubahan pola pikir dan pola hidup masyarakat yang membutuhkan kemampuan beradaptasi yang cepat untuk menghimpun informasi baru yang dibutuhkan sebagai peningkatan nilai-nilai sosial dan perilaku siswa sehingga siswa mampu mengenali perkembangan kehidupan dan pesatnya pengetahuan dengan cermat dan dewasa.

Pendidikan Islam memiliki penegasan yang jelas antara Haq dan Bathil, sehingga dapat dijadikan pedoman dan penghayatan nilai-nilai budi pekerti yang luhur dan menjauhkan manusia dari sikap buruk yang terdapat dalam diri setiap manusia. Pendidikan Islam memberikan motivasi yang positif agar dapat memberikan yang terbaik serta meningkatkan kualitas hidup manusia menjadi makhluk yang

B.  Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan dikaji sebagai berikut :

  1. Kesulitan apa sajakah yang dihadapi siswa dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam ?
  2. Apakah penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa SMP Negeri I Bulu ?
  3. Apakah penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan prestasi siswa SMP Negeri I Bulu ?

C.  Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa dalam pendidikan agama islam adalah mengenal huruf hijaiyah. Penggunaan strategi belajar Penggunaan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan minat baca Al-Qur’an  95% siswa. Penggunaan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan prestasi siswa 92,5 % dari siswa.

D.   Saran

  1. Sekolah dapat memberikan motivasi bagi tiap-tiap guru untuk menerapkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi belajar PQ4R untuk mengatasi masalah minat dan prestasi siswa pada beberapa pelajaran dalam sekolah khususnya berkaitan dengan Pelajaran Moral dan Keagamaan..
  2. Sekolah dapat memprogramkan didalam kurikulum untuk penerapan strategi belajar PQ4R khususnya Pendidikan Agama Islam sehingga meningkatkan minat baca Al-Qur’an dan Prestasi siswa.
  3. Sekolah dapat memberikan pellatihan bagi guru mengenai strategi belajar PQ4R  ini melalui MGMP sekolah atau dalam In House Trainning di lingkungan sekolah.
Incoming search terms:

Leave a Reply