HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Keluarga trhdp Kegiatan Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Keluarga terhadap Kegiatan Belajar Anak di Perumahan APAC Inti Desa Lemahireng Kecamatan Bawen

 

A. Latar Belakang

Realita yang ada di Perumahan Apac Inti Desa Lemahireng Kecamatan Bawen ternyata berlainan dengan teori yang ada. Dalam studi pendahuluan yang penyusun lakukan terhadap 10 Keluarga dengan kondisi sosial dan ekonomi tinggi didapatkan data bahwa dari 10 KK tersebut hanya 3 KK yang memiliki anak dengan prestasi bagus (rangking 10 besar), sedangkan 7 KK lainnya memiliki anak dengan prestasi yang kurang bagus bahwa ada 1 KK yang anaknya pernah tinggal kelas.

Setelah penyusun mengetahui kondisi yang demikian, maka penyusun tertarik untuk mengambil judul “Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Keluarga terhadap Kegiatan Belajar Anak di Perumahan Apac Inti desa Lemahireng kecamatan Bawen.” Kegiatan belajar anak yang kami teliti disini adalah kegiatan belajar anak di rumah. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2004.

 

B. Permasalahan

  1. Adakah pengaruh kondisi sosial keluarga terhadap kegiatan belajar anak di Perumahan Apac Inti desa Lemahireng kecamatan Bawen?
  2. Adakah pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak di Perumahan Apac Inti desa Lemahireng kecamatan Bawen?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kondisi social

Kondisi sosial selalu mengalami perubahan melalui proses sosial. Proses sosial merupakan interaksi sosial. Menurut Subandiroso (1987:45), interaksi sosial adalah proses hubungan dan saling mempengaruhi yang terjadi antara individu dengan individu, atau individu dengan kelompok, bahkan kelompok dengan kelompok.

Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga adalah daerah atau kawasan tempat suatu kelompok sosial terkecil yang terdiri dari keluarga dan anak, dimana anak memperoleh bimbingan dan latihan dari keluarga untuk mendapatkan perubahan – perubahan baru yang akan diperlukan dalam masyarakat. Di dalam keluarga anak belajar bersikap, berfikir dan bergaul dengan sesamanya. Agar anak dapat berfikir dan bergaul dengan baik diperlukan peranan keluarga untuk membimbing dan mengarahkannya demi keberhasilan pendidikan anak, karena keterkaitan anak dengan lingkungan keluarga sangatlah erat.

 

Pengertian Kondisi ekonomi

Sastrapraja (1981:19) mendifinisikan ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha manusi dalam mencapai cita – cita kemakmuran yaitu untuk mendapatkan kepuasan dalam memenuhi segala kebutuhan. Sedangkan Dr. Fuad Moh. Fahrudin (1982:75) berpendapat bahwa ekonomi adalah suatu ilmu yang menyelidiki persoalan pemenuhan kebutuhan jasmaniah manusia dalam arti mencari keuntungan atau mengadakan penghematan untuk keperluan hidup.

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian ini adalah warga perumahan Apac Inti desa Lemahireng kecamatan Bawen yang berjumlah 102 KK. Pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan dari populasi sehingga penelitian ini disebut juga penelitian populasi.

Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear senderhana dan analisis regresi ganda. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh antara kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak di perumahan APAC Inti Desa Lemahireng Kecamatan Bawen.

 

E. Kesimpulan

  1. Kondisi sosial dan ekonomi keluarga secara bersama – sama tidak berpengaruh terhadap kegiatan belajar anak di perumahan Apac Inti desa Lemahireng kecamatan Bawen. Dengan demikian kondisi sosial dan ekonomi memberikan kontribusi yang relatif kecil.
  2. Secara partial menunjukkan:
    1. Kondisi ekonomi keluarga berpengaruh terhadap kegiatan belajar anak di perumahan Apac Inti desa Lemahireng kecamatan Bawen.
    2. Kondisi sosial tidak berpengaruh terhadap kegiatan belajar anak di perumahan Apac Inti desa Lemahireng kecamatan Bawen.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Keluarga terhadap Kegiatan Belajar Anak
  2. Pengaruh Motivasi, Dukungan Orang Tua dan Asal Sekolah terhadap Prestasi
  3. Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII
  4. Peranan SMK Negeri 2 Jepara Program Keahlian Kriya Kayu dalam Pengembangan Industri
  5. Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning)
Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)