HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Sistem Pelayanan Asuransi Kecelakaan Diri pd AJB Bumi Putera

Judul Skripsi : Sistem Pelayanan Asuransi Kecelakaan Diri pada AJB Bumi Putera 1912 Kantor Cabang Asuransi Kumpulan (ASKUM) Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Peningkatan minat masyarakat akan asuransi jiwa, mendorong AJB Bumiputera 1912 untuk melayani masyarakat dalam jumlah besar pada suatu wadah kumpulan atau organisasi. Bagian tersebut yaitu divisi asuransi kumpulan (askum). AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Askum Yogyakarta dengan sekuat tenaga memberikan kepuasan pelayanan agar nasabah tidak kecewa dengan kinerja perusahaan. Sistem pelayanan harus dibuat secara sederhana, tidak berbelit-belit dan sesuai standar yang telah ditetapkan perusahaan.

Untuk itu perusahaan harus mampu melakukan desain ulang sistem pelayanannya, jika pelayanan yang diberikan tidak atau belum bisa memuaskan pelanggan. Pelayanan yang diberikan AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Askum Yogyakarta salah satunya yaitu dalam asuransi kecelakaan diri. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui sejauh mana ”Sistem Pelayanan Asuransi Kecelakaan Diri pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Askum Yogyakarta ” sebagai judul Tugas Akhir ini.

 

B. Rumusan Masalah

”Bagaimana sistem pelayanan asuransi kecelakaan diri pada AJB. Bumiputera 1912 Kantor Cabang Askum Yogyakarta?”

 

C. Tinjuan Pustaka

Pengertian Sistem

Setiap sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar dan terdiri dari berbagai sistem yang lebih kecil yang disebut subsistem. Suatu sistem sangat diperlukan dalam setiap organisasi. Tanpa sistem, sebuah organisasi tidak akan mampu menjalankan usahanya. Ada berbagai pendapat mengenai definisi sistem itu sendiri, antara lain :

  1. Sistem adalah setiap sesuatu yang terdiri atas obyek–obyek atau unsur– unsur atau komponen–komponen yang bertata kaitan atau bertata hubungan satu sama lain sedemikian sehingga unsur–unsur tersebut merupakan satu kesatuan pemprosesan atau pengolahan yang tertentu. ( S. Prayudi Atmosudirjo, 1979: 231 )
  2. Sistem merupakan kumpulan dan komponen yang saling berinteraksi atau saling bergantung yang dikoordinasikan sedemikian rupa sehingga membentuk suatu kebulatan dan diorganisir untuk mencapai tujuan. ( Radiosunu, 1982 : 7 )
  3. Sistem adalah kesatuan jumlah sarana yang saling berkaitan satu dengan lainnya dan secara bersama–sama mengolah rangsang (masukan, input) yang berasal dari lingkungan untuk menghasilkan suatu reaksi (output). ( R. Matindas, 1997 : 5 )

Pengertian Pelayanan

Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Terdapat berbagai macam definisi mengenai pelayanan seperti yang dikemukakan oleh A.S. Moenir dalam bukunya Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, bahwa pelayanan umum dapat diartikan sebagai “suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan landasan faktor materiil melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya”(1995 : 26).

Pengertian Kecelakaan Diri

Yang dimaksud kecelakaan diri dalam asuransi kecelakaan diri adalah suatu kejadian/peristiwa yang secara tiba–tiba, tidak diduga sebelumnya, datang dari luar diri peserta, bersifat kekerasan, tidak dikehendaki dan tanpa adanya unsur kesengajaan dalam peristiwa itu yang mengakibatkan peserta menderita cacat jasmani atau meninggal dunia atau sebagai akibat tindakan pihak lain, yang secara langsung atau tidak langsung tidak mempunyai kepentingan dalam asuransinya.

 

D. Metode Penelitian

Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.

Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pengamatan langsung (observasi), wawancara (interview), Telaah Dokumen.

Dalam teknik analisis data ini penulis menggunakan model analisis interaktif, sesuai dengan tujuan proses pengamatan yakni proses pengumpulan data saling berinteraksi dalam satu proses membentuk suatu siklus.

 

E. Kesimpulan

  1. Pelayanan yang berkualitas sangat diperlukan dalam usaha yang bergerak di bidang jasa khususnya asuransi. Kualitas pelayanan merupakan ukuran penilaian menyeluruh atas tingkat suatu pelayanan yang baik
  2. Untuk mencapai hasil yang unggul dan maksimal, setiap karyawan harus memiliki ketrampilan diantaranya, berpenampilan menarik/baik serta bersikap ramah, memperlihatkan gairah kerja dan selalu siap melayani, tenang dalam bekerja, tidak tinggi hati karena merasa dibutuhkan, menguasai pekerjaan dengan baik maupun kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, mampu menangani keluhan pelanggan secara baik.
  3. Pelayanan yang bisa diandalkan mengandung unsur : melakukan apa yang sudah dijanjikan kepada konsumen, professional dalam melayani konsumen dan ketepatan dalam memberikan informasi kepada konsumen. Jika hal tersebut yang diberikan kepada konsumen, maka akan memberikan persepsi yang baik atas pelayanan dan selanjutnya akan berpengaruh pada penilaian nasabah atas citra AJB Bumiputera 1912.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Pengaruh Organizational Climate, Achievement Motivation, dan Kepuasan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Kereta Api (Persero) Daop 1, Jakarta
  2. Sistem Pelayanan Asuransi Kecelakaan Diri pada AJB Bumi Putera 1912 Kantor Cabang
  3. Perspektif Agrowisata Sondokoro sebagai Sarana Edukasi
  4. Penerapan Material Requirement Planning pada Pengendalian Persediaan Bahan Baku
  5. Proses Pelayanan Penyambungan Baru di Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik

 

Incoming search terms:

Leave a Reply