HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Balai Alat Mesin n Pengujian Mutu Hasil

Judul Skripsi : Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Hasil Perkebunan Surakarta

 

A. Latar Belakang

Kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional terutama tergantung pada kesempurnaan pegawai negeri. Dalam rangka usaha mencapai tujuan nasional tersebut di atas diperlukan adanya pegawai negeri yang penuh kesetiaan dan ketaatan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, negara dan pemerintah bersatu padu, bermental baik, berwibawa, berdaya guna dan berhasil guna, berkualitas tinggi, mempunyai kesadaran tinggi akan tanggung jawabnya sebagai aparatur negara, abdi negara, serta abdi masyarakat.

Pegawai negeri bukan saja unsur Aparat Negara tetapi juga merupakan Abdi Negara dan Abdi Masyarakat yang selalu hidup di tengah masyarakat dan bekerja untuk kepentingan masyarakat, oleh karena itu dalam pelaksanaan pembinaan pegawai negeri bukan saja dilihat dan diperlakukan sebagai Aparatur Negara, tetapi juga dilihat dan diperlakukan sebagai warga negara. Hal ini mengandung pengertian bahwa dalam melaksanakan pembinaan hendaknya sejauh mungkin diusahakan adanya keserasian antara kepentingan dinas dan kepentingan pegawai negeri sebagai perorangan, dengan ketentuan bahwa apabila ada perbedaan antara kepentingan dinas dan kepentingan pegawai negeri sebagai perorangan, maka kepentingan dinaslah yang harus diutamakan.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimana Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Hasil Perkebunan Surakarta?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Disiplin Kerja

Disiplin kerja dibicarakan dalam kondisi yang sering kali timbul bersifat negatif. Disiplin lebih dikaitkan dengan sanksi atau hukuman. Dalam kaitannya dengan pekerjaan, pengertian disiplin kerja adalah suatu sikap dan tingkah laku yang menunjukkan ketaatan karyawan terhadap peraturan organisasi. Sikap dan perilaku dalam disiplin kerja ditandai oleh berbagai inisiatif, kemauan, dan kehendak untuk mentaati peraturan, artinya orang yang dikatakan mempunyai disiplin yang tinggi tidak semata-mata patuh dan taat terhadap peraturan secara kaku dan mati, tetapi juga mempunyai kehendak (niat) untuk menyesuaikan diri dengan peraturan-peraturan organisasi.

Pengertian Pegawai Negeri Sipil

Pengertian pegawai negeri sipil menurut Undang-undang nomor 8 tahun 1974, dalam rumusan yang terdapat dalam pasal 1 huruf a, pengertian Pegawai Negeri adalah “Mereka yang setelah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, diangkat oleh pejabat yang berwenangdan disertai tugas dalam sesuatu jabatan negeri atau diserahi tugas negara lainnya yang ditetapkan berdasarkan sesuatu peraturan perundang-undangan dan digaji menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Peraturan-Peraturan Disiplin Pegawai Negeri sipil.

Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah peraturan yang mengatur kewajiban, larangan dan sanksi apabila kewajiban tidak ditaati atau larangan dilanggar oleh Pegawai Negeri Sipil. Adapun kewajiban yang harus ditaati oleh setiap Pegawai Negeri Sipil sebagaimana yang telah termuat di dalam Peraturan Pemerintah nomor 30 tahun 1980 pasal 2, adalah sebagai berikut :

  1. Setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara, dan Pemerintah;
  2. Mengutamakan kepentingan Negara di atas kepentingan golongan atau diri sendiri, serta menghindarkan segala sesuatu yang dapat mendesak kepentingan Negara oleh kepentingan golongan, diri sendiri, atau pihak lain;
  3. Menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Negara, Pemerintah, dan Pegawai Negeri Sipil;

 

D. Metode Penelitian

Berdasarkan dari perumusan masalah yaitu untuk mengetahui bagaimana disiplin kerja pegawai di Kantor Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Hasil Perkebunan Surakarta.

Penulis mengambil lokasi pengamatan di Kantor Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Hasil Perkebunan Surakarta karena penulis diberikan ijin untuk mengadakan pengamatan di lokasi tersebut dan dalam lokasi tersebut terdapat permasalahan yang ingin dikaji dalam pengamatan ini.

Jenis pengamatan ini bersifat deskriptif kualitatif.

Dalam pengamatan ini sumber data diperoleh dari bagian sumber daya dan staf pegawai di Kantor Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Hasil Perkebunan Surakarta khususnya yang menyangkut masalah kedisiplinan pegawai.

Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam pengamatan ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Analisis dalam penelitian kualitatif ini melalui dua cara yaitu Reduksi data dan Sajian Data.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Ketaatan pegawai dalam hal kepatuhan atau disiplin terhadap ketentuan jam kerja kantor sudah cukup baik walau masih ditemukan beberapa pegawai yang dating terlambat atau tidak mengikuti apel pagi.
  2. Ketaatan pegawai dalam hal penggunaan peralatan dan fasilitas kantor yang berhubungan dengan pekerjaan dapat dikatakan sudah cukup baik, karena para pegawai di Kantor Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Hasil Perkebunan Surakarta dapat memanfaatkan fasilitas kantor semaksimal mungkin, penuh tanggung jawab dan sesuai aturan.
  3. Dalam kaitannya dengan ketaatan pegawai menggunaan pakaian seragam kantor beserta atribut-atributnya dapat dikatakan baik, karena seluruh pegawai telah menggunakan pakaian kerja dan atribut sesuai dengan aturan yang telah

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar
  2. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera
  3. Analisis Network Untuk Produksi Hard Cover A4 pada PT. Solo Murni Surakarta
  4. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  5. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

 

Leave a Reply