HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Analisis Peramalan Penjualan Rokok SKT

Judul Skripsi : Analisis Peramalan Penjualan Rokok SKT ( Sigaret Kretek Tangan) pada PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy Surakarta

 

A. Latar Belakang

Salah satu tindakan yang dapat membantu untuk perencanan skedul produksi adalah dengan peramalan permintaan produk. Peramalan permintaan produk – produk yang diharapkan akan terealisir untuk jangka waktu tertentu pada masa yang akan datang, peramalan permintaan ini akan menjadi masukan yang sangat penting dalam keputusan perencanaan dan pengendalian perusahaan ( Nasution dan Prasetyawan, 2008 : 30 ). Dengan adanya peramalan, maka perusahaan dapat mencapai tujuan serta pengambilan keputusan dalam produksinya, namun dalam kegiatan peramalan memerlukan penerapan metode – metode, hal ini bertujuan agar bisa mengetahui permintaan yang akan datang dan meminimumkan kesalahan peramalan. Akibat terjadinya perencanaan produksi yang kurang tepat akan menyebabkan ketidaksesuaian kuantitas dan kualitas produk dengan permintaan pasar.

DJITOE INDONESIAN TOBACCO COY terletak pada JL. ADISUCIPTO Nomor. 51. Bergerak dalam industri pembuatan rokok. Perusahaan tersebut dalam memproduksi berdasarkan pesanan atau supplier. salah satu produk yang dihasilkan adalah Rokok Kretek Tangan, dan Perusahaan sempat mengalami kemunduran. Karena Perusahaan tidak menerapkan metodemetode untuk memprediksi pesanan pesanan yang akan datang dan memprediksi tingkat kesalahan dalam produksi, disertai pula adanya persaingan dengan adanya bermunculan Perusahaan sejenis yaitu Perusahaan Rokok lain sejenis di Solo.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Berapakah ramalan penjualan rokok kretek oleh PT. DJITOE dengan menggunakan Metode Single Moving Averages dan Metode Exponential Smoothing, serta forecast error masing-masing metode?
  2. Metode peramalan apa yang paling tepat diantara 2 metode diatas untuk meramalkan penjualan pada periode berikutnya berdasarkan forecast errornya?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Peramalan

Gaspersz (2005 : 72) mendefinisikan peramalan merupakan suatu dugaan terhadap permintaan yang akan datang berdasarkan pada beberapa variable peramal, sering berdasarkan data deret waktu historis.

Tujuan Peramalan

Tujuan peramalan produksi adalah untuk mendapatkan ramalan yang bias meminimumkan kesalahan meramal yang diukur dengan Mean Absolute Deviation dan Mean Squared Error. Sehingga dengan adanya peramalan produksi manajemen perusahaan akan mendapatkan gambaran keadaan produksi dimasa yang akan datang, dan akan memberikan kemudahan manajeman perusahaan dalam menentukan kebijakan yang akan dibuat oleh perusahaan.

Jenis-jenis

Peramalan Menurut Render dan Heizer (2001 : 47 ) organisasi menggunakan tiga jenis peramalan ketika merencanakan masa depan operasinya, yaitu :

  1. Ramalan ekonomi membahas siklus bisnis dengan memprediksi tingkat : inflasi, supply uang peramalan perumahan, dan indikatorindikator perencanaan lain.
  2. Ramalan teknologi berkaitan dengan tingkat kemajuan teknologi yang akan melahirkan produkproduk baru yang akan mengesankan, membutuhkan pabrik, dan peralatan baru.
  3. Ramalan permintaan adalah proyeksi permintaan untuk produk atau jasa

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilaksanakan pada PT. DJTOE INDONESIAN TOBACCO COY merupakan perusahaan rokok yang beralamat di Jl. LU Adisucipto Nomor : 51 Surakarta.

Dalam penelitian ini, kasus yang diteliti yaitu mengenai peramalan penjualan rokok kretek.

Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, studi pustaka dan wawancara.

 

E. Kesimpulan

  1. Hasil ramalan penjualan produk rokok skt (sigaret kretek tangan) untuk bulan Maret 2009 adalah :
    1. Hasil ramalan dengan menggunakan Exponential Smoothing nilai = ? 0,1 adalah sebesar 2808,2 dengan Mean Absolute Deviation = 308,61 dan Mean Squared Error = 155658
    2. Hasil ramalan dengan menggunakan Exponential Smoothing nilai ? = 0,5 adalah sebesar 3040,17 dengan Mean Absolute Deviation = 316,61 dan Mean Squared Error = 191139
  2. Bahwa Metode Exponential Smoothing dengan ? = 0,1 merupakan metode yang paling baik dalam meramalkan penjualan produk rokok skt untuk bulan Maret 2009 dengan menggunakan metode Exponential Smoothing dengan ? = 0,1 adalah 2808,02, Mean Absolute Deviation = 308,61 dan Mean Squared Error = 155658

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Peramalan Penjualan Rokok SKT (Sigaret Kretek Tangan) Pada PT. Djitoe Indonesian
  2. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Komitmen, Pembelian Ulang dan Word of Mouth dengan Relationship Quality sebagai variabel pemediasi (Studi kasus pada Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta)
  3. Evaluasi Penerapan Promosi pada PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta
  4. Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten
  5. Tanggapan Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Surat Kabar Solopos
Incoming search terms:

Leave a Reply