HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 di Dunia Pendidikan

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 di Dunia Pendidikan – Era globalisasi telah membawa banyak perubahan terhadap perkembangan suatu perusahaan. Adanya era globalisasi ini mengharuskan setiap perusahaan untuk menghadapi persaingan ketat dari seluruh dunia. Persaingan antar organisasi ini tidak hanya dititikberatkan pada seberapa tinggi tingkat produktifitas perusahaan dan seberapa rendahnya tingkat harga produk maupun jasa guna mencapai keuntungan maksimal, namun lebih menekankan pada mutu kenyamanan, kemudahan, serta ketepatan dan kecepatan waktu untuk mencapainya.

Kondisi ini mendorong perusahaan untuk segera meningkatkan mutu dan daya saing dengan cara melakukan perbaikan secara konsisten dan terus-menerus agar dapat bersaing dengan perusahaan lain dari seluruh dunia. Berkaitan dengan perbaikan mutu secara terus-menerus, maka perlu adanya suatu sistem manajemen mutu yang sesuai dengan persyaratan pelanggan. Oleh karena itu pihak manajemen industri modern membangun suatu sistem manajemen mutu yang berlaku secara internasional.

Sistem manajemen mutu menuntut adanya pengawasan statistik dan sirkulasi kualitas, menuntut adanya perubahan budaya dan juga perbaikan tim kerja, maka dunia internasional melalui lembaga-lembaga ekonominya melakukan sebuah langkah standarisasi mutu. Salah satu standar mutu yang berkembang pesat saat ini adalah ISO 9000.

Adapun salah satu manfaat sertifikasi SMM ISO adalah terjadinya daya saing sekolah di samping manfaat lainnya seperti sistem dokumentasi yang rapi dan peningkatan komunikasi internal. Berawal dari hal tersebut maka muncul beberapa pertanyaan mengenai pengaruh implementasi SMM ISO terhadap lembaga pendidikan yang berkaitan dengan siswa, terutama prestasi belajar siswa tersebut mengingat bahwa SMM ISO tidak menyatakan persyaratan-persyaratan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Prestasi belajar merupakan tingkat keberhasilan yang dicapai dari suatu kegiatan atau usaha yang dapat memberikan kepuasan emosional, dan dapat diukur dengan alat atau tes tertentu. Prestasi belajar tidak hanya ditentukan oleh tingkat kecerdasan siswa saja, melainkan masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dapat digolongkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal merupakan faktor-faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri sedangkan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar, seperti lingkungan, keluarga, teman bergaul, guru, bahkan sampai dengan sistem yang diterapkan di sekolah tempat siswa tersebut melaksanakan proses pembelajaran.

Leave a Reply