HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sistem Informasi Persediaan Alat Kesehatan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun

INTISARI

Sistem Informasi Persediaan Alat Kesehatan ini dibuat untuk menangani tentang persediaan alat kesehatan dan pemesanan alat kesehatan bagi puskesmas -puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Madiun. Pembuatan Sistem Informasi Persediaan Alat Kesehatan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun adalah sistem informasi yang menangani tentang persed iaan alat kesehatan dan pemesanan alat kesehatan bagi puskesmas -puskesmas yang berada di wilayah kabupaten Madiun. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan Borland Delphi 7.0 dan menggunakan database Microsoft Acces . Sistem Informasi Persediaan Alat Kes ehatan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun yang dikembangkan oleh penulis ini lebih cepat dan efisien daripada sistem yang dikembangkan sebelumnya secara manual.

Kata Kunci : sistem informasi persediaan alat kesehatan, borland delphi 7.0 dan microsoft acces.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan kemajuan sistem informasi dan komunikasi saat ini telah membawa dunia menjadi semakin modern. Apalagi berbagai kebutuhan informasi pada saat sekarang mempunyai peranan yang sangat penting di semua bidang. Perkembangannya mulai dikembangkan dari lingkup instansi pemerintah maupun swasta. Informasi merupakan suatu keperluan atau kepentingan bagi semua orang bahkan dalam kehidupan manusia informasi sudah melekat dalam diri, karena dengan adanya informasi orang akan mengerti tindakan apa yang dilaksanakan atau diputuskan dengan cepat. Informasi bisa dikatakan informasi yang berkualitas jika terdapat suatu data-data yang terkumpul kemudian diolah kedalam bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi penerimanya. Agar informasi bisa dikatakan informasi yang berkualitas maka diperlukannya suatu alat perubahan atau pengembangan yang menggunakan sebuah sistem informasi.

Perkembangan sistem informasi mulai tersebar di berbagai bidang. Misalnya di bidang kesehatan, penjualan, kepegawaian, penggajian sampai pelamaran kerja dan sebagainya. Sistem informasi yang akhir-akhir ini mulai dikembangkan oleh banyak pihak yaitu sistem informasi yang menyangkut dunia kesehatan, yang saat sekarang telah banyak dijumpai beberapa aplikasi misalnya yang menyangkut sistem informasi pendataan data puskesmas, SIM stok peralatan kesehatan, SIM pelayanan kesehatan dan sebagainya. Penggunaan sistem informasi yang menyangkut kesehatan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi petugas kesehatan. Misalnya mengenai kebutuhan akan peralatan kesehatan, pendataan data alat kesehatan puskesmas, pelayanan kesehatan dan sebagaimana.

Begitu pula di Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun yang merupakan instansi yang bergerak dibidang kesehatan, yang tentu saja banyak permasalahan yang memerlukan penanganan secara khusus. Sehingga instansi tersebut membutuhkan suatu sistem yang bisa menghasilkan suatu informasi yang cepat, tepat dan akurat. Apalagi pada saat sekarang kebutuhan akan peralatan kesehatan sangat penting dan dibutuhkan di beberapa tempat pelayanan kesehatan. Kebutuhan akan peralatan kesehatan menjadi prioritas utama dari setiap tempat pelayanan kesehatan, karena setiap periode kebutuhan tersebut semakin menambah dan memiliki jumlah yang sangat besar. Sehingga dengan adanya permasalahan tersebut perlu dibuatlah sistem informasi yang mengenai persediaan peralatan kesehatan terutama pada lingkup tempat pelayanan kesehatan.

Incoming search terms:

Leave a Reply