HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sistem Informasi Pembuatan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk

Sistem Informasi Pembuatan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk di kantor Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten

ABSTRAK

Sistem Informasi pembuatan KvK dan KTP di Kantor Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten telah dilakukan secara elektronis. Namun demikian masih terdapat adanya kekurangan. Untuk itu mencoba membuat sistem tersebut dengan program aplikasi yang berbeda. Adapun software yang digunakan adalam Visual Basic 6.0 dan Microsoft Office Access. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem informasi pembuatan KK dan KTP agar lebik efektif dan efisien dan mampu menyajikan informasi secara tepat. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis perancangan sistem dan pembuatan program aplikasi. Hasil dari sistem informasi yang telah dibuat dapat menjadi referensi agar sistem yang baru lebih efektif dan efisien dalam penggunaannya. Adapun fasilitas dari sistem informasi ini adalah memberikan pelayanan yang berupa pembuatan KK dan KTP.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Teknologi informasi saat ini berkembang semakin pesat. Hal ini merupakan salah satu pemicu terjadinya perubahan cara berpikir manusia untuk dapat memperoleh informasi yang tepat dan akurat secara cepat. Begitu juga dengan perkembangan dunia informasi yang makin maju, sangat terasa pula diperlukan alat bantu yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pengolahan data yang cepat, dan baik, dengan resiko kesalahan yang kecil. Salah satu pendukung kemajuan teknologi informasi adalah komputer. Komputer merupakan alat bantu pemecahan masalah manusia untuk memproses suatu data agar menjadi informasi secara cepat, tepat dan akurat. Dengan bantuan software dan program aplikasi yang tepat dapat menghasilkan output yang mempunyai nilai lebih dari nilai masukan sebelumnya. Keuntungan lain dari computer adalah kecepatan dan ketepatan dalam penyajian informasi yang dibutuhkan, sehingga lebih efisien dalam penggunaan waktu, estimasi kesalahan relatif kecil, dan kemudahan dalam penyimpanan data.

Sebuah instansi tentu sangat membutuhkan pengelolaan sistem informasi. Tingkat produktifitas dan efektifitas kinerja suatu instansi salah satunya dapat dilihat dari pemanfaatan sistem informasi yang ada, yang dinilai dari kecanggihan, keakuratan dan kepraktisan sistem yang diterapkan untuk pengolahan informasi. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengelolaan informasi yang mungkin akan digunakan untuk pengambilan suatu keputusan. Dengan adanya pengetahuan tentang sistem informasi tersebut, maka suatu organisasi dapat memanfaatkannya. Salah satu contohnya dalam pengolahan data pembuatan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk khususnya di Kantor Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Pengolahan data pembuatan KK dan KTP telah dilakukan secara elektronis. Namun demikian masih terdapat adanya kekurangan. Untuk itu mencoba membuat sistem tersebut dengan program aplikasi yang berbeda. Adapun software yang digunakan adalam Visual Basic 6.0 dan Microsoft Office Access.

Dengan penerapan sistem informasi pembuatan KK dan KTP secara terkomputerisasi, pihak yang berkepentingan menjadi mudah, lancar dan tepat dalam melakukan pengolahan KK dan KTP.

Incoming search terms:

Leave a Reply