HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembuatan Sistem Informasi Penggajian Pegawai Badan Pusat Statistik Kota Surakarta

INTISARI

Dewasa ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang berbasis IT berkembang pesat. Sistem informasi di berbagai bidang merupakan suatu keharusan bagi suatu instansi untuk memanfaatkan informasi sebagai basis administrasi dan pengolahan data. Sebagai pemenuhan kebutuhan tersebut maka instansi perlu melakukan kegitan yang berhubungan dengan sistem informasi yang berbasis computer sehingga diharapkan mampu memecahkan masalah yang lebih cepat, akurat, efektif, dan efisien.

Badan Pusat Statistik Kota Surakarta membutuhkan sebuah sistem informasi penggajian pegawai yang memiliki substansi lebih memudahkan daripada sistem yang sebelumnya sudah ada, tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem informasi penggajian denagn menggunakan Software Borland Delphi 7.0 dan Microsoft Access 2003. system yang baru tersebut ddiharapkna dapat memudahkan para pegawai dalam melakukan proses penggajian, penelitian ini melibatkan responden yang selaku perantara sebagai media informasi dalam melakuakan penelitian ini. Wawancara dan observasi lapangan dilakuakn untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Kelebihan yang dimiliki dengan memakai software dari program ini adalah bahwa pembuatan sistem informasi penggajian pegawai dapat memperlancar serta membantu meringankan para pegawai dalam proses penggajian para pegawai.

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dewasa ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang berbasis IT berkembang pesat. Sistem informasi diberbagai bidang merupakan suatu keharusan bagi suatu instansi untuk memanfaatkan informasi sebagai basis administrasi dan pengolahan data. Sebagai pemenuhan kebutuhan tersebut maka instansi perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sistem informasi berbasis komputer sehingga diharapkan mampu memecahkan masalah yang lebih cepat, akurat, efektif dan efisien dalam melaksanakan segala aktifitas operasional.

Badan Pusat Statistik Kota Surakarta merupakan suatu instansi pemerintahan yang bertugas menyediakan informasi statistika yang berupa data kependudukan secara rinci dan lengkap. Badan Pusat Statistik memiliki sebuah sistem informasi tentang data pegawai beserta penggajiannya yaitu dengan Foxpro, akan tetapi sistem tersebut masih jauh dari efisien dan keefektifannya, karena masih ada sedikit kekurangan dalam proses penginputan datanya yang sangatlah rumit sehingga program yang disajikan tidak begitu praktis, oleh karena itu diperlukan adanya sistem yang lebih memaksimalkan dari kinerja sistem yang sebelumnya mulai dari tahap perancangan sampai pembuatannya, sistem yang tidak terlalu rumit dan mudah digunakan dalam instansi tersebut.

Penggunaan Software Borland Delphi 7.0 dan Microsofot Access 2003 yang selaku databasenya diharapkan dapat dijadikan usulan guna perbaikan dalam pemrosesan data sehingga dapat mempermudah proses penggajian data pegawai dalam instansi tersebut, karena pemakaian Software Borland Delphi 7.0 dan Microsofot Access 2003 lebih mudah dibanding program sebelumnya yang terlalu rumit sehingga diharapkan dengan penggunaan Software ini proses penggajian pegawai BPS jadi efektif dan efisien.

Leave a Reply