HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan SMU Negeri 2 Surakarta

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan teknologi yang disertai dengan perkembangan ilmu  pengetahuan yang tumbuh pesat di segala bidang, khususnya dalam bidang teknologi informasi yang makin maju, sangat terasa pula diperlukan alat yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pengolahan data yang cepat dan baik, dengan resiko kesalahan yang kecil. Salah satu dari alat yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah komputer. Komputer merupakan seperangkat alat elektronika yang terdiri dari input, proses dan output. Dengan bantuan software dan program aplikasi yang tepat dapat menghasilkan output yang mempunyai nilai lebih dari masukan sebelumnya.

Keuntungan lain dari komputer adalah kecepatan dan ketepatan dalam penyajian informasi yang dibutuhkan dan pengolahan data sehingga efisien dalam penggunaan waktu, estimasi kesalahan relatif kecil, kemudahan penyimpanan data dan tingkat keamanan yang lebih terjamin dan masih banyak lagi keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan komputer. Dewasa ini, komputer mempunyai peranan penting dalam segala segi kehidupan. Kebanyakan dari komputer-komputer ini digunakan untuk menyimpan dan mendapatkan kembali data yang mempunyai jumlah yang besar dalam sebuah cara yang efisien, seperti sistem-sistem yang biasa disebut dengan database system dan software yang mengatur jalannya data (keluar masuknya data).

Penggunaan komputer telah membantu arah perkembangan manusia yang membutuhkan informasi sebagai peralatan dalam pengolahan data pada berbagai bidang kegiatan yang salah satunya adalah informasi sistem perpustakaan. Perpustakaan yang ada di SMU Negeri 2 Surakarta masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaannya, sedangkan sirkulasi buku perpustakaan yang terus mengalami peningkatan dan jumlah anggota terus bertambah. Meskipun dalam menggunakan sistem manual dapat berjalan, tetapi masih saja terdapat banyak kelemahan misalnya dalam pendataan buku terjadi ketidaksesuaian data buku dengan buku yang ada, kurang efisien dalam mencari data anggota jika akan melakukan peminjaman dan pengembalian buku. Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada sistem manual, sebaiknya pengelolaan perpustakaan pada SMU Negeri 2 Surakarta menggunakan sistem komputerisasi.

Dengan sistem komputerisasi diharapkan proses pendataan buku, pendataan anggota, peminjaman dan pengembalian buku dapat lebih dikontrol dan efisien. Disamping itu jika terjadi suatu kesalahan dapat dilacak dan diperbaiki dengan lebih cepat. Di sini penulis mencoba membuat program database perpustakaan yang terkomputerisasi, agar mudah dalam transaksi dan pengelolaan perpustakaan tersebut.

Leave a Reply