HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Prototipe Alat Pengukur Tinggi Benda Digital Berbasis Mikrokontroler AT89S51

INTISARI

Pengukuran tinggi benda secara manual seringkali terkendala masalah ketepatan dan kecepatan. Tujuan dari proyek tugas akhir ini adalah untuk membuat proses pengukuran tinggi benda agar dapat lebih cepat dan akurat. Pembuatan prototipe alat pengukur tinggi benda digital ini menggunakan sensor DT-Sense Ultrasonik sebagai sensor jarak. Bahasa yang digunakan dalam pemrograman mikrokontroler adalah bahasa assembler. Proses pemindaian objek yang akan diukur dilakukan dengan sensor ultrasonik dimana hasil dari pemindaian objek tersebut akan diproses oleh IC AT89S51 dan kemudian akan dilakukan kalkulasi data sehingga diperoleh hasil dari pengukuran tinggi benda digital. Hasil dari pengukuran tersebut kemudian ditampilkan pada LCD display dalam satuan mm.

Pada alat pengukur tinggi benda digital yang dibuat memiliki empat buah tombol, yaitu on/off, kalibrasi, start, dan reset. Pengkuruan tinggi benda menggunakan alat ini terasa lebih fleksibel dengan adanya fitur kalibrasi dimana pengaturan tinggi maksimal dapat diubah sesuai kebutuhan. Pengukuran yang dilakukan dengan alat ini memiliki ketepatan dengan rasio toleransi 1 mm sampai dengan 2 mm.

Kata kunci : Mikrokontroler AT89S51, Sensor Ultrasonik, LCD Display

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini telah membawa manusia kepada peradaban yang lebih baik. Banyak sekali manfaat dan kemudahan yang telah dihasilkan dengan adanya perkembangan teknologi, terlebih lagi dengan lahirnya komputer maka kualitas dan efektifitas manusia dalam bekerja semakin meningkat, faktanya manusia tidak mungkin lagi bisa terlepas dari alat bantu ini, sebab bidang komputer menawarkan kemudahan-kemudahan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya, misalnya dalam perhitungan matematis, basis data, pengolahan data statistik, presentasi, bermain game, bahkan sampai pada sistem otomatisasi yang berbasis komputerisasi.

Didalam dunia kesehatan pada masa sekarang ini, seringkali dalam hal pengukuran tinggi badan hanya dilakukan dengan alat manual yang ketepatannya seringkali masih meragukan. Dapat diambil contoh ketika kita mencari surat KIR dokter, dalam proses penghitungan tinggi badan seringkali hanya dilakukan dengan ilmu perkiraan. Hal itu mungkin terjadi dikarenakan dalam proses pengukuran tinggi badan harus memakan waktu dan membutuhkan ketelitian yang lebih dari petugas pengukur. Hal itu juga sering terjadi pada saat kita melakukan pengukuran tinggi suatu benda secara manual. Kesulitan – kesulitan dan kesalahan – kesalahan seperti itulah yang seharusnya sudah bisa diminimalisir pada era teknologi modern seperti sekarang ini.

Didalam bidang elektronika dan instrumentasi sangatlah memungkinkan untuk membuat suatu sistem bekerja lebih efisien dan tepat guna. Sebagai contoh adalah pembuatan sebuah alat pengukur tinggi suatu benda, dimana hasil dari pengukuran dimunculkan dalam bentuk digital sehingga dapat memudahkan dalam hal penghitungannya. Selain itu secara ketepatan ukur dapat lebih tepat dari pada kita melakukan pengukuran secara manual dengan alat ukur. Hal inilah yang menggugah penulis untuk membuat sebuah alat yang dapst mengukur tinggi benda secara digital yang berbasis mikrokontroller AT89S51 yang menggunakan sensor ultrasonik sebagai sensor jarak untuk melakukan pengukuran tinggi benda.

Leave a Reply