HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Proposal, Rancang Bangun Suatu Kegiatan

Definisi proposal secara umum adalah rencana suatu kegiatan yang disusun secara sistematis dan terperinci untuk suatu kegiatan tertentu yang akan diikuti dengan realisasi kegiatan itu sendiri. Jadi sebelum memulai kegiatan tertentu maka sebaiknya membuat perencanaan tertulis, gambaran tentang keseluruhan alur kegiatan. Ada beberapa jenis proposal kegiatan bila dilihat dari bentuknya. Pertama, yaitu proposal formal seperti proposal skripsi, proposal tesis. Proposal formal terdiri dari tiga bagian utama yaitu bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian pelengkap penutup. Kedua, proposal semiformal seperti proposal bantuan alat musik, proposal wisata dan lain sebagainya, dan terakhir proposal nonformal.

Tujuan proposal adalah untuk memberikan gambaran, menyajikan berbagai informasi terkait. Sehingga pembaca dapat memahami maksud dan tujuan tentang kegiatan yang akan diselenggarakan. Dalam proposal kegiatan biasanya mencantumkan poin – poin seperti latar belakang diadakannya kegiatan, masalah yang mungkin ditemui, tujuan kegiatan, pihak yang akan menjadi sasaran atau peserta kegiatan, jadwal pelaksanaan,  rincian kegiatan, anggaran yang diperlukan dan penutup. Dengan proposal dapat juga digunakan sebagai alat untuk mendapatkan ijin dalam kegiatan tertentu.

Proposal usaha atau proposal bisnis digunakan untuk menarik investor, semakin bagus rancangan proposalnya maka tidak hanya investor yang akan menanamkan modal tetapi juga akan menarik pihak lain untuk bekerja sama dalam bidang bisnis. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari pembuatan proposal yang baik antara lain pihak investor dapat memahami usulan usaha dengan baik, investor dapat menyertakan investasi dana atau pinjaman yang diperlukan, dapat berkesempatan mengembangkan usaha ke arah yang lebih besar, mendapatkan relasi yang lebih banyak dan lain sebagainya.

Dalam proposal bisnis ada beberapa hal yang dibuat lebih mendetail seperti penjabaran tujuan utama dari diadakannya proposal bisnis tersebut, penjabaran tentang cara – cara yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan itu, serta penjelasan panjang lebar mengenai hasil yang akan diperoleh setelah dapat mencapai tujuan. Hal – hal tersebut penting untuk dijabarkan karena dengan pemberian informasi serta keuntungan setelah tercapainya bisnis tersebut dapat menarik para investor (penyumbang dana dalam skala yang lebih kecil) untuk menanamkan modalnya untuk pengembangan bisnis tersebut.

Berikut adalah contoh susunan proposal usaha secara umum;

  1. Judul proposal usaha. Sebuah judul sebaiknya singkat dan mengena pada inti dari proposal tersebut.
  2. Ringkasan Proposal. Dibuat secara ringkas sehingga pihak investor dengan cepat menangkap prospek ke depan dari usaha tersebut.
  3. Analisis Permintaan – Penawaran dan Persaingan Usaha. Melakukan survei untuk mengetahui keseimbangan perbandingan antara permintaan dan penawaran serta tentang persaingan usaha.
  4. Aspek Produksi. Disertakan pula proses produksi secara singkat, kapasitas barang yang dapat diproduksi, estimasi karyawan yang diperlukan, teknologi (mesin) yang akan diterapkan dan spesifikasi harganya.
  5. Rencana Pemasaran. Meliputi penjelasan tentang produk yang akan dijual, pemberian harga, langkah promosi yang akan diambil, dan tempat untuk distribusi.
  6. Rencana Keuangan. Penjabaran tentang estimasi laba yang akan diperoleh dan presentase kerugian.
Incoming search terms:

Leave a Reply