HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Penilaian Cepat Masalah Kesehatan | Glosarium

Penilaian Cepat Masalah Kesehatan Penilaian Cepat Masalah Kesehatan | Glosarium

Penilaian Cepat Masalah Kesehatan

Pengertian enilaian Cepat Masalah KesehatanPengertian penilaian Cepat Masalah Kesehatan adalah Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan informasi subyektif dan obyektif guna mengukur kerusakan dan mengidentifikasi kebutuhan dasar penduduk yang menjadi korban dan memerlukan ketanggap-daruratan. Penilaian ini dilakukan secara cepat karena  harus dilaksanakan dalam waktu yang terbatas, selama atau segera sesudah suatu kedaruratan.

Salah satu contohnya ketika sedang ada bencana, semua orang pastinya akan merasa panik dan akan menyelamatkan diri masing-masing. Bahkan yang sudah tidak heran lagi keluarga yang sangat disayangi pun akan tidak lagi terfikirkan pada saat bencana terjadi.

Kedatangan bencana memang sangat beragam. Ada bencana yang datangnya seketika langsung pergi, ada pula datangnya yang memakan waktu walaupun janya sebentar. Biasanya bencana seketikalah yang paling banyak menimbulkan korban jiwa. Hal tersebut disebabkan karena tidak sempatnya menyelamatkan diri.

Menyadari bahwa kedatangn bencana dianggap sebagai sesuatu hal yang menimbulkan rasa panik atau perilaku panik, tentu saja kita semua harus memilki pengetahuan tata cara penyelamatan saapi dengan cara-cara yang digunakan untuk menanggulangi bencana tersebut.

Salah satu ara yang biasa dilakukan ialah mendeteksi sejak dini apa saja yang ditimbulkan oleh bencana tadi. Kegiatan tersebut dapat berupa melakukan pengamatan dan pencarian informasi tentang terjadinya bencana yang perlu diktahui oleh pihak-pihak bersangkutan.

Penilaian cepat masalah kesehatan pada kejadian bencana adalah serangkaian kegiatan pengkajian berupa pengumpulan data yang ada pada saat terjadi bencana. Data-data tersebut penting dikumpulkan untuk informasi selanjutnya. Data juga diukur besarnya masalah yang berkaitan dengan masalah kesehatan akibat bencana.

Yang dapat melakukan penilaian cepat terhadap kesehatan yag terjadi pada korban bencana tentu saja orang-orang yang bertanggung jawab dalam kegiatan tersebut.

Penilaian kesehatan cepat dilakukan pada lokasi dimana bencana itu berada. Atau mungkin daerah-daerah yang digunakan sebagai pemukiman korban bencana tersebut.

Dalam penilaian cepat kesehatan dilakuakan oleh sebuah tim dan karena berhubungan dengan kesehatan tentu saja salah satu anggota tim tersebut ialah tenaga medis.

Tenaga medis tadi juga berupaya mengetahui serta menguasai ilmu tentang kesehatan lingkungan, ia memiliki loyalitas yang tinggi terhadap tim, mampu menciptakan motivasi tersendiri.

Masalah-masalah yang dikaji dalam penilaian cepat kesehatan berupa jumlah korban yang selamat dan meninggal, jumlah kerusakan yang  diakibatkan dari bencana tersebut, ketersediaan obat yang harus disiapkan dan masih bnayak lagi.

Demikian artikel yang berjudul Penilaian Cepat Kesehatan. Semoga artikel yang kami sampaikan dapat membantu anda dalam penguasaan pengetahuan.

Incoming search terms:

Leave a Reply