HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pendidikan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) | Glosarium

Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Pendidikan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) | Glosarium

Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL)

Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) ~ Pendidikan kesehatan tingkat akademi (Program Diploma III) dengan kekhususan mempelajari bidang kesehatan lingkungan .Dalam akademi ini setiap peserta didik  di harapkan mampu dan ikut andil dalam penangan lingkungan yang ada di sekitar .

Penyelenggaraan pembangunan nasional yang berwawasan kesehatan serta pembangunan kesehatan memerlukan berbagai jenis tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan melaksanakan upaya kesehatan. Menyongsong era kesejagatan pada abad ke-21 Depkes telah mencanangkan visi Indonesia Sehat Tahun 2010, yaitu pembangunan yang berwawasan kesehatan.

Untuk mendukung visi tersebut aktualisasinya dilakukan melalui strategi paradigma sehat. Perkembangan masyarakat menuju kepada era kesejagatan ini ditandai dengan tingginya persaingan, perubahan yang sangat cepat terutama di bidang IPTEK, tuntutan dan kebutuhan pelayanan kesehatan yang semakin tinggi.

Dengan semakin majunya negara kita, aspek kesehatan lingkungan dirasakan menjadi makin penting. Masalah pencemaran, pemanasan global, serta pemenuhan kebutuhan air bersih, dan masalah-masalah lain dalam lingkungan hidup yang  semakin lama semakin terasa menjadi tantangan untuk ditanggulangi. Masalah-masalah tersebut sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia bukan saja di masa sekarang tetapi justru akan lebih kompleks di masa  mendatang.

Oleh sebab itu sudah selayaknya masalah-masalah tersebut menjadi perhatian kita sebagai pelaku dan penikmat pembangunan tidak hanya saat ini tetapi juga dalam periode mendatang agar pembangunan dapat berjalan tanpa berakibat merosotnya mutu lingkungan hidup.

Apalagi sekarang dengan paradigma baru di bidang kesehatan, yaitu paradigma sehat yang bertumpu pada promotif dan preventif (dimana kesehatan lingkungan termasuk di dalamnya). Ini berarti bahwa tenaga kesehatan lingkungan (sanitarian) akan menempati posisi strategis dalam menata visi Departemen Kesehatan, yakni pembangunan berwawasan kesehatan menuju Indonesia Sehat pada tahun 2010.

Adapun tujuan penyelenggaraan Akademi Kesehatan Lingkungan adalah untuk menghasilkan tenaga sanitasi kesehatan lingkungan tingkat Diploma Tiga (D.III) yang:

  1. Menghayati cara pemecahan masalah, pelaksanaan program dan pembinaan kesadaran diri serta masyarakat dalam bidang sanitasi dan kesehatan lingkungan.
  2. Mandiri dan berjiwa wirausaha dalam bidang kesehatan lingkungan dan sanitasi.
  3. Mempunyai pengetahuan dan keterampilan dasar kesehatan lingkungan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi
  4. Mempunyai keterampilan yang dinamis dan fleksibel dalam melaksanakan upaya kesehatan lingkungan  secara terpadu untuk mewujudkan derajat kesehatan lingkungan setinggi-tingginya.
Incoming search terms:

Leave a Reply