HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teknik Pengumpulan Data Skripsi

Teknik Pengumpulan Data Skripsi

Menurut Nazir (1988: 211) mendefiniskan bahwa pengumpulan data adalah prosedur yang sistematik dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan. Selalu ada hubungan antara metode mengumpulkan data dengan masalah penelitian yang ingin dipecahkan. Masalah memberi arah dan mempengaruhi metode pengumpulan data. Banyak masalah yang dirumuskan tidak akan bisa terpecahkan karena metode untuk memperoleh data yang digunakan tidak memungkinkan, ataupun metode yang ada tidak dapat menghasilkan data seperti yang diinginkan. Jika hal demikian terjadi, maka tidak ada jalan lain bagi peneliti kecuali menukar masalah yang ingin dipecahkan.

Teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian adalah teknik pengumpulan data yang paling tepat, sehingga benar-benar di peroleh data yang valid dan reliabel. Pengambilan data yang dihimpun langsung oleh peneliti disebut sumber primer, sedangkan apabila data yang diperoleh tidak secara langsung disebut dengan data sekunder.

Metode pengumpulan data berhubungan erat dengan instrument pengumpulan data. Untuk lebih jelasnya berikut adalah hubungan antara metode pengumpulan data dan instrument pengumpulan data,

Metode

Pengumpulan Data

Instrumen (Alat)

Pengumpulan Data

Tes tertulis Soal tes
Tes lisan Pedoman pertanyaan
Kuesioner Angket, skala bertingkat
Wawancara Pedoman wawancara, check list
Pengamatan Check list
Dokumentasi Check list, kerangka data hasil analisis

Lebih lanjut lagi Nazir (1988: 212) mengemukakan bahwa secara umum metode pengumpulan data dapat dibagi atas beberapa kelompok, yaitu:

–          Metode pengamatan langsung

Observasi merupakan seluruh kegiatan pengamatan terhadap objek dengan menggunakan seluruh indra, baik itu penciuman, penglihatan, pendengaran, peraba, dan pengecap.

–          Metode dengan menggunakan pertanyaan

Metode dengan menggunakan pertanyaan salah satunya adalah dengan wawancara atau interview. Menurut Nazir (1988: 234) wawancara merupakan proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara penanya atau pewawancara dengan penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara)

–          Metode khusus

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Olah Data

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) email IDTesis@gmail.com

Incoming search terms:

Leave a Reply