HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Pemetaan (Geomapping) dalam proses Pengumpulan Data

Pemetaan (geomapping) Pengertian Pemetaan (Geomapping) dalam proses Pengumpulan Data

Pemetaan (geomapping)

Pemetaan (geomapping) ~ Peta merupakan suatu gambaran yang ada dari permukaan bumi ini yang digambarkan di bidang datar dalam proyeksi tertentu.

Peta disajikan dengan cara yang bermacam-macam. Ada peta konvesional hingga peta yang dapat tampil di sistem proyeksi.

Secara umum peta merupakan gambaran dari permukaan bumi yang digambarkan dengan bidang datar serta diperkecil pada skala tertentu.

Sebenarnya peta yang ada merupakan gambaran dari dua dimensi dan tiga dimensi dari suatu ruang tiga dimensi juga.  Ilmu yang mempelajari tentang pta disebut dengan kartografi.

Kegunaan peta sendiri juga sangat beragam sebenarnya. Mulai dari penggambaran yang ada pada suatu muka bumi sehingga kita lebih muda untuk mempelajarinya.

Peta juga digunakan sebagai refrensi untuk mengetahui suatu letak atau wilayah yang tertentu. Biasanya peta juga dijadikan sebagai refrensi pada ilmu geologi.

Dalam proses pengumpulan data pada peta tentu saja kita harus melakukan pengukuran langsung pada lapangan yang dituju dengan alat yang sederhana seperti tali ukur atau kompas, bahkan alat optik lainnya.

Hasil dari pengindraan jauh disebut dengan citra foto. Dalam pengumpulan data, citra foto tersebut akan digunakan pada peta tematik. Selain itu ada hasil dari sebuah sensus yang berupa data statistik yang disajikan dalam tabel atau grafik tertentu.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemetaan merupakan proses yang dilakukan berupa pengukuran, perhitungan dan penggambaran permukaan bumi dengan  menggunakan cara atau metode tertentu sehingga didapatkan hasil berupa Softcopy dan Hardcopy.

Incoming search terms:

Leave a Reply