HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pengetahuan Tentang Diet Rendah Garam, Kepatuhan dan Kendalanya

Judul Skripsi : Penderita Hipertensi Primer : Pengetahuan Tentang Diet Rendah Garam, Kepatuhan dan Kendalanya

A. Latar Belakang

Untuk meningkatkan pengetahuan penderita hipertensi dan kepatuhan dalam melaksanakan diet rendah garam dan mencegah terjadinya komplikasi diperlukan perilaku penderita agar selalu aktif menambah pengetahuannya melalui mediacetak (Buku, Koran, Majalah) dan media elektronik (radio dan TV). Selain itu promosi kesehatan/ penyuluhan tentang diet rendah garam sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi. Terbentuknya suatu perilaku baru terutama pada orang dewasa dimulai dari domain kognitif,dalam arti subyek tahu terlebih dahulu terhadap stimulus yang berupa materi/ obyek diluarnya sehingga menimbulkan pengetahuan baru pada subyek tersebut dan selanjutnya menimbulkan respons batin dalam bentuk sikap sisubyek terhadap obyek yang diketahui itu (Notoatmojo,2003).

Berdasarkan fenomena diatas peneliti ingin mencoba meneliti pengetahuan penderita hipertensi primer terhadap kepatuhan dan kendalanya melaksanakan diet rendah garam di Klinik As Sakinah Tamansari Tegalsari Banyuwangi.

B. Rumusan Masalah

  1. “Bagaimana pengetahuan penderita hipertensi primer tentang diet rendah garam di Klinik As Sakinah Tamansari Tegalsari Banyuwangi?”
  2. “Bagaimana kepatuhan penderita hipertensi primer melaksanakan diet rendah garam di Klinik As Sakinah Tamansari Tegalsari Banyuwangi, mengapa?”
  3. “Apa yang menjadi kendala penderita hipertensi primer melaksanakan diet rendah garam di Klinik AS Sakinah Tamansari Tegalsari Banyuwangi?”

C. Tinjauan Pustaka

 Pengatahuan

Pengetahuan secara umum adalah merupakan hasil dari “tahu”dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia di peroleh dari mata dan telinga. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang (over behavior) (Notoatmodjo,2003).

Hipertensi

Menurut Bustan(1997) mendifinisikan hipertensi sebagai suatu keadaan peningkatan tekanan darah yang memberi gejala yang akan berlanjut untuk suatu target organ seperti stroke (untuk otak), penyakit jantung koroner (pembuluh darah jantung) dan left ventricle hypertrophy (untuk otot jantung).

Faktor resiko Hipertensi

Faktor-faktor yang dapat dimasukkan dalam resiko hipertensi adalah umur, ras, suku, urban/rural, geografis, seks, gemuk, stress, kepribadian tipe A, diet tinggi garam, sakit kencing manis mengkonsumsi alkohol,rokok,kopi,dan pil KB (Bustan,1997). Diet Rendah Garam Yang dimaksud dengan garam disini adalah garam natrium,garam dapur adalah sumber natrium. Pemberian diet rendah garam bertujuan membantu menghilangkan retensi garam/air dalam jaringan tubuh dan menurunkan tekanan darah pada hipertensi (Kapita Selekta,2001).

Kepatuhan Pasien

Kepatuhan adalah derajat dimana pasien mengikuti anjuran klinis dari dokter yang mengobatinya (Kaplan dkk,1997). Menurut Sacket dalam Niven(2002) kepatuhan adalah sejauh mana perilaku pasien sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh professional kesehatan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidak patuhan

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidak patuhan dapat digolongkan menjadi empat bagian menurut Niven (2002) antara lain:

  • Pemahaman Tingkat Intruksi.

Tak seorangpun dapat memenuhi intruksi jika ia salah paham tentang intruksi yang diberikan kepadanya.

  • Kualitas interaksi.

Kualitas interaksi antara professional kesehatan dan pasien merupakan bagian yang penting dalam menentukan derajat kepatuhan.

D. Metode Penelitian

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. subyek dalam penelitian ini adalah penderita hipertensi yang rawat jalan di Klinik As Sakinah Tamansari Tegalsari Banyuwangi dengan metode sampel cuplikan dari bulan Maret sampai dengan April 2010.

Jumlah subyek 3 penderita.

Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.

E. Kesimpulan

Kesimpulan penelitian tentang penderita hipertensi primer: pengetahuan tentang diet rendah garam,kepatuhan dan kendalanya melaksanakan diet rendah garam di Klinik As Sakinah Tamansari Tegalsari Banyuwangi adalah:

  1. Pengetahuan penderita hipertensi primer tentang diet rendah garam didapatkan sebagian besar baik.
  2. Kepatuhan penderita hipertensi primer melaksanakan diet rendah garam cukup, karena di pengaruhi oleh pengetahuan,perilaku yang baik sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut seperti kelumpuhan dan kematian.
  3. Kendala penderita hipertensi primer melaksanakan diet rendah garam di pengaruhi oleh faktor penyakit kronis,kejenuhan,dukungan sosial dan kurang motivasi terhadap perilaku hidup sehat.

Leave a Reply