HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) dan Tata Cara Pelaksanaan

Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) Pengertian Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) dan Tata Cara Pelaksanaan

Keluarga Sadar Gizi (KADARZI)

Pengertian Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) adalah keluarga yang berperilaku gizi seimbang, mampu mengenali dan mengatasi masalah gizi anggota keluarganya.

Adapun cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan cara:

  1. Memberikan hanya ASI saja kepada bayi, sejak lahir sampai usia 6 bulan
  2. Memantau berat badan secara teratur
  3. Makan beraneka ragam
  4. Mengkonsumsi hanya garam beryodium
  5. Mendapatkan dan memberikan suplementasi gizi bagi anggota keluarga yang membutuhkan.

Setiap keluarga tentu menginginkan seluruh anggota keluarganya sehat, salah satu caranya adalah dengan menjadi keluarga sadar gizi.Keluarga sadar gizi (Kadarzi) adalah keluarga yang seluruh anggota keluarganya melakukan perilaku gizi seimbang, mampu mengenali masalah kesehatan dan gizi bagi setiap anggota keluarganya, dan mampu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah gizi yang dijumpai oleh anggota keluarganya. Secara umum Kadarzi bertujuan yaitu tercapainya keadaan gizi yang optimal untuk seluruh anggota keluarga.

Indikator yang digunakan untuk menilai perubahan perilaku gizi anggota keluarga adalah sebagai berikut :

Kebiasaan keluarga dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari yang beraneka ragam.

Tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi yang mampu membuat seseorang untuk hidup sehat, tumbuh kembang dan produktif. Makan makanan yang beraneka ragam sangat bermanfaat bagi kesehatan sebab kekurangan atau kelangkaan zat gizi tertentu, pada satu jenis makanan akan dilengkapi oleh zat gizi serupa dari makanan yang lain.

Makan makanan yang beraneka ragam akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur bagi kebutuhan seseorang. Idealnya adalah jika setiap kali makan siang dan malam, hidangan tersebut terdiri dari 4 kelompok makanan (makanan pokok, lauk-pauk, sayur dan buah).

Incoming search terms:

Leave a Reply