HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Gizi Salah dan Penyakit-Penyakit Gizi | Glosarium

Gizi Salah Pengertian Gizi Salah dan Penyakit-Penyakit Gizi | Glosarium

Gizi Salah

Gizi salah ~ Keadaan akibat kekurangan atau kelebihan secara relatif maupun absolut satu atau lebih zat gizi. Bisa berupa under nutrition (kekurangan konsumsi pangan), Specific defisiency (kekurangan zat gizi tertentu), over nutrition (kelebihan konsumsi pangan) atau Imbalance (disproporsi zat gizi) .

Penyakit-penyakit gizi adalah penyakit metabolisma, mempunyai suatu rantai yang terputus pada lebih dari satu tempat. Penyakit-penyakit gizi salah disebabkan oleh manusia itu sendiri, karena tidak mencukupi zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kebutuhan-oleh tubuh seperti kebutuhan akan karbohidrat, protein, lemak , vitamin, dan mineral serta kurangnya kesadaran mayarakat untuk menyeimbangkan antara maknan yang dikonsunmsinya dengan yang dilakukan sehari-hari. Selain itu, factor kemiskinan juga menjadi penyebab timbulnya gizi-gizi salah. Ketidak sadaran masyarakat menjaga kesehatan mereka mengakibatkan berbagai kemunculan penyakit, seperti penyakit beri-beri karena kekurangan vitamin.

Setiap bentuk gizi salah adalah suatu kelainan metabolisma yang mempunyai suatu rantai, yang mungkin terputus pada lebih dari satu tempat. Professor Himsworth yang menulis tentang “The Syndrome of Diabetes Mellitus and its Causes”, menunjuk kepada sindroma itu sebagai mempunyai: “philosofi tidak pada factor-faktor penyakit khusus, tetapi dalam suatu rentetan proses-proses phisiologik, yang jika terganggu pada titik manapun akan menghasilkan hambatan fungsi-fungsi tubuh yang sama”. Apa yang berlaku bagi diabetes akan berlaku pula bagi banyak penyakit-penyakit malnutrition.

Gizi salah menghambat penyembuhan luka, mempertinggi kerentanan shok dan kerusakan hati, menurunkan pertahanan infeksi. Keadaan gizi yang baik bagi yang melakukan pembedahan akan mengurangi angka kematian. Protein pemberian diit yang kaya protein.

Misalnya memberikan daging sapi, hati dan susu, sukrosa atau karbohidrat yang dapat dicerna dengan mudah akan memberi pertolongan pada penderita dengan tulang patah. Kerusakan hati diantara penyakit gizi salah di daerah tropis, hal yang penting akan mendapat anesthesia atau obat arsen diberikan diit untuk menghindari kerusakan hati.

Incoming search terms:

Leave a Reply