HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Early Warning Outbreak Recognition System | Glosarium

Early Warning Outbreak Recognition System Pengertian Early Warning Outbreak Recognition System | Glosarium

Early Warning Outbreak Recognition System

Early Warning Outbreak Recognition System ~ Suatu sistem jaringan informasi yang menggunakan internet yang bertujuan untuk menyampaikan berita adanya kejadian luar biasa pada suatu daerah di seluruh Indonesia ke pusat EWORS (Badan Litbangkes. Depkes RI) secara cepat. Melalui sistem ini peningkatan dan penyebaran kasus dapat diketahui dengan cepat, sehingga tindakan penanggulangan penyakit dapat dilakukan sedini mungkin.

Pengawasan syndromic elektronik untuk deteksi dini wabah mungkin sederhana, alat yang efektif untuk cepat membawa data yang wabah handal dan ditindaklanjuti menjadi perhatian otoritas kesehatan masyarakat di negara berkembang.

Dua puluh sembilan tanda dan gejala dari pasien dengan kondisi kompatibel dengan penyakit menular yang dikumpulkan dari rumah sakit Provinsi dipilih dan dianalisis setiap hari. Data e-mail setiap hari untuk manajemen dan analisis data center pusat. Analisis data otomatis dapat dilihat di rumah sakit atau Early Warning Outbreak Response System (EWORS) hub di tingkat pusat (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan / NIHRD).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Depkes) telah mengadopsi EWORS sejak tahun 2006 dan akan menggunakannya sebagai alat pengawasan pelengkap di daerah tangkapan yang lebih luas di seluruh negeri. Sosialisasi kepada lebih banyak pengguna masih terus dilakukan dengan kerjasama dari tiga Direktorat Jenderal (Dirjen) dari Departemen Kesehatan, Ditjen NIHRD, Ditjen Pelayanan Medik dan Ditjen Pengendalian Penyakit Menular dan Pencegahan. Saat ini, EWORS sedang disesuaikan untuk memfasilitasi mendeteksi potensi wabah pandemi influenza di wilayah tersebut, dan prosedur untuk deteksi wabah otomatis telah ditambahkan.

Leave a Reply