HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Konseling Gizi | Glosarium

Konseling Gizi Pengertian Konseling Gizi | Glosarium

Konseling Gizi

Pengertian Konseling Gizi | Glosarium

Konseling Gizi – Pernahkah Anda berfikir bahwa gizi yang ada dalam diri kita sudah memenuhi standart yang telah ditentukan atau belum ? dari keinginan tahu pemenuhan gizi yang ada pada tubuh kita, tentu saja dibutuhkan suatu bimbingan atau konsultasi masalah gizi.

Konsultasi masalah gizi atau yang lebih biasa disebut dengan konseling gizi merupakan suatu pertemuan antara pihak penanya dengn pihak penjelas untuk penanaman serta peningkatan gizi berdasarkan perilaku serta sikap yang sehat terhadap tubuh.

Pengertian Konseling Gizi

Konseling gizi ialah serangkaian kegiatan yang ada antara dua belah pihak sebagai proses komunikasi antara konselor dan klien. Tugas dari konseloradalah menanmkan serta meningkatkan pengertian, sikap untu pola hidup sehat dengan mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung gizi.

Konselor merupakan petugas konseling yang memiliki kemampuan untuk menanamkan berbagai sikap serta aktivitas yang mampu menunjang peningkatan gizi atau keseimbangan gizi seseorang. Seorang konselor harus mampu menggalai apa saja masalah yang ditimbulkan dari dalam diri klien atau pasien.

Konselor memberikan masukan kepada pasien atau klien. Masukan tersebut berhubungan dengan masalah yang dihadapi oleh klien tersebut. Masukan yang diberikan oleh konselor terhadap klien berdasarkan standart yang telah berlaku. Dengan kata lain konselor tidak memberikan masukan yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku.

Dalam melakukan konseling ada beberapa kemampuan yang harus diperhatikan. Kemampuan tersebut dapat berupa:

  1. Konfortasi
  2. Keterampilan mempengaruhi
  3. Keterampilan mendengar dan bertanya
  4. Keterampilan observasi dan memantapkan

Pada keterampilan konfortasi dilakukan berdasarkan tingkat ketrampilan konseling yaitu membedakan, ketidaksesuaian serta jarang sekali penggunaannya. Sedangkan pada keterampilan observasi dan memantapkan digunakan untuk menyesuaikan kebudayaan verbal kualitas suara dan bahasa tubuh.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Konseling Gizi. Semoga artikel ini mampu memberikan wawasan yang luas untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply