HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Outbreak Respons Immunization (ORI)

Outbreak Respons Immunization (ORI)  Pengertian Outbreak Respons Immunization (ORI)

Outbreak Respons Immunization (ORI)

Outbreak Respons Immunization (ORI) ~ Outbreak Respons Immunization merupakan upaya Upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa penyakit polio dengan memberikan vaksin polio oral paling lambat 72 jam setelah ditemukan kasus polio dengan luas daerah selektif atau atas analisis epidemiologi atau mempertimbangkan penyebaran virus polio liar, tanpa memandang status imunisasi.

Ingatkah ketika kecil seringkali kita diberi vaksin pada saat kita imunisasi atau pada saat kesehatan kita sedang tidak seimbang ? yah, hal tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan serta pertumbuhan kita. Terutama vaksinasi polio sebagai vaksin yang mencegah terjadinya penyakit pilio.

Vaksin yang dapat diberikan kepada penderita penyakit tersebut salah satunya ialah vaksin Polio Oral. Vaksin tersebut pertama kali dikembangkan oleh Dr. Albert Sabin pada tahun 1961.

Tata cara pemberian vaksin ini juga harus ekstra hati-hati. Pemberian vaksin ini dilakukan dnegan cara meneteskan vaksin tersebut kedlam mulut sipenerima vaksin.

Selanjutnya dijelaskan pula virus polio yang ada pada vaksin dikembangbiakkan untuk memperbanyak dirinya terutama pada saluran pencernaan kita. Tujuan dari pemberian vaksin ini juga dapat memperkuat antibody dan melawan virus penyakit polio.

Akan tetapi ada yang perlu diperhatikan Virus OPV akan secara terus menerus berkembang dan dikeluarkan pada saat orang tersebut buang air besar selam beberapa bulan kedepan. Sehingga virus yang dikeluarkan tadi akan sangat mencemari lingkungan sekitar.

Kejadian penyerangan terhadap penyakit tersebut sangat relatif menyedihkan, terbukti dengan data yang ada yaitu kejadian ikutan pasca imunisasi. Mnerut data yang telah disampaikan  bahwa setiap 750.000 dosis vaksin polio yang pertama akan menimbulkan 1 kasus VAPP, dan untuk dosis selanjutnya maka angkanya menjadi semakin tinggi yaitu sekitar 2.5 juta dosis vaksin polio untuk menimbulkan 1 kasus VAPP dan seterusnya.

Kejadian tersebut juga menjadi suatu kendala tersendiri saat pemberian vaksin OPV. Kendala tersebut dapat berupa :

  1. Pencemaran lingkungan
  2. Vaksin tersebut akan tetap hidup yang mengkontrasiksai orang tua dan anak-anak.
Incoming search terms:

Leave a Reply