HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Pada Kinerja

Contoh Tesis– Pengaruh Sifat Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinandan Motivasi Kerja Pada Kinerja (Studi pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Persatuan Guru Republik Indonesia Ngawi)

Gaya Kepemimpinan Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Pada Kinerja

 

A.  Latar Belakang 

Memasuki era pasar global persaingan dunia pendidikan semakin ketat, dimana setiap perguruan tinggi berusaha untuk saling mengungguli. Sedangkan mahasiswa semakin pandai untuk memilih perguruan tinggi. Oleh karena itu agar perguruan tinggi dapat bertahan dan berkembang dalam kondisi persaingan yang semakin  kompetetif, maka perguruan tinggi harus mempunyai keunggulan dalam hal  bersaing (competitive advantage), di sisi lain perguruan tinggi berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia karyawannya mulai dari pimpinan sampai kepada bawahan. Di samping itu perguruan tinggi juga harus mencari seorang pimpinan yang berkualitas tinggi/handal. Kepemimpinan yang handal sangat dibutuhkan untuk memotivasi karyawan agar dapat bekerja dengan baik demi tercapainya tujuan perguruan tinggi tersebut, karena kepemimpinan adalah kemampuan yang dipunyai seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran. (Handoko, 2001).

Pendapat tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan dalam pencapaian sasaran kelompok (organisasi) sangat tergantung dari pada peran pemimpinnya. Semakin pandai pemimpin melaksanakan peranannya, tentunya semakin cepat tujuan perguruan tinggi tersebut dapat tercapai, sedangkan penerapan kepemimpinan antara pemimpin yang satu dengan yang lainnya berbeda, tergantung dari sifat dan  gaya/perilaku yang bersangkutan. Sifat dan gaya/perilaku pemimpin sangat besar pengaruhnya dalam merealisasikan tujuan dari organisasi tersebut.

B.  Perumusan Masalah

Sesuai dengan masalah di atas, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah:

  1. Apakah sifat kepemimpinan berpengaruh pada motivasi kerja karyawan STKIP PGRI Ngawi.
  2. Apakah gaya kepemimpinan berpengaruh pada motivasi kerja karyawan STKIP PGRI Ngawi.
  3. Apakah motivasi kerja berpengaruh pada kinerja karyawan STKIP PGRI Ngawi.

C.  Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini antara lain:

  1. Hipotesis sifat kepemimpinan berpengaruh positif terhadap motivasi kerja karyawan STKIP PGRI Ngawi dalam penelitian ini terbukti,
  2. Hipotesis gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan STKIP PGRI Ngawi dalam penelitian ini terbukti,
  3. Hipotesis motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan STKIP PGRI Ngawi dalam penelitian ini terbukti.

D.  Saran 

  1. Sehubungan sifat kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan, maka diharapkan kaprodi dan kepala BAU yang dalam hal ini membawahi langsung dosen dan karyawan harus menjaga konsistensinya karena dengan sifat kepemimpinannya bisa mengambil hati karyawan yang berdampak motivasi kerja meningkat sehingga perputaran organisasi dapat berjalan dengan baik.
  2. Sifat kepemimpinan harus juga tertanam pada Kaprodi dan Kepala BAU dalam setiap pengambilan keputusan sehingga fungsi komando dengan dosen dan karyawan dapat terkoordinir dengan baik.
Incoming search terms:

Leave a Reply