HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT dengan Aplikasi Lectora Inspire

Judul Tesis : Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT dengan Aplikasi Lectora Inspire dalam Pembelajaran IPA

A. Latar Belakang Masalah

Kemajuan ICT juga telah memungkinkan memanfaatan berbagai jenis/macam media secara bersamaan dalam bentuk multimedia pembelajaran. Penggunaan multimedia interaktif yang memuat komponen audio-visual (suara dan tampilan) untuk penyampaian materi pembelajaran dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Multimedia interaktif juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksperimen semu dan eksplorasi sehingga memberikan pengalaman belajar daripada hanya sekedar mendengar uraian/penjelasan guru. Untuk itu Teknologi Informasi sangat berperan dalam pengembangan tersebut. Pengembangan sistem e-learning di DIY, saat ini masih menempatkan guru sebagai aktor penting dalam pendidikan dan pengajaran terutama untuk tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama, dimana pengembangan kepribadian dan sikap masih perlu diwujudkan. Oleh karena itu sistem “blended learning” akan diterapkan. Akan tetapi pada sistem “blended learning” guru tidak dapat digantikan dengan teknologi komputer, karena Guru merupakan fasilitator yang masih memegang peran penting.

Untuk mendukung penyajian materi ajar agar lebih mudah dipahami oleh siswa digunakan TIK Dengan menyediakan materi ajar secara offline maupun online agar dapat didistribusikan dalam lingkup yang lebih luas. Sehingga mendukung proses pembelajaran seumur hidup (lifelong learning) karena materi ajar dapat tersedia tanpa terkendala ruang dan waktu sekaligus keuntungan dari sistem berbasis kelas dapat digabungkan. Blended Learning mengacu pada pencampuran lingkungan belajar yang berbeda. Ungkapan tersebut memiliki makna spesifik yang didasarkan pada konteks yang digunakan. Blended belajar peserta didik dan guru memberikan lingkungan yang berpotensi untuk belajar dan mengajar lebih efektif. Guru sebagai “author” dari materi ajar berbasis TI dan sekaligus fasilitator untuk menyampaikan materi ajar dengan pemanfaatan TIK kepada para siswa di kelas maupun di luar kelas.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi lectora inspire dalam pembelajaran IPA?
  2. Faktor apa yang menjadi hambatan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi lectora inspire dalam pembelajaran IPA?
  3. Sejauh mana penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi lectora inspire mampu meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SD Negeri Baran I Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul?

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Media Pembelajaran

Menurut Heinich dalam I Wayan Santyasa (2007:3) kata media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima. Sedangkan Criticos dalam I Wayan Santyasa (2007:3) mengemukakan media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi, atau dalam bahasa Inggis dikenal dengan istilah Information and Communication Technologi (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.

Pembelajaran Berbasis ICT

Komputer merupakan salah satu media audio visual yang mampu mengemas bahan ajar dalam sebuah rangkaian animasi gambar atau suara sehingga membuat kesan menarik bagi siswa. Seperti yang dinyatakan oleh Kusumah (2004:3), bahwa komputer dapat memberikan pelayanan secara repetitif, menampilkan sajian dalam format dan desain yang menarik, animasi gambar dan suara yang baik, serta melayani perbedaan individual.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Baran I ,yang terletak di Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunung kidul.

Analisis data dilakukan secara diskriptif. Sumber data yang diperoleh dari tiga sumber, yaitu:

  • peristiwa
  • informan
  • dokumen atau sumber tertulis

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan:

  • Pengamatan/observasi
  • wawancara
  • pengkajian dokumen

Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan keajegan pengamatan dan trianggulasi data.

Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis interaktif melalui tiga tahapan yaitu meliputi: (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan / verifikasi.

Simpulan

1. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dengan Aplikasi Lectora Inspire Dalam Pembelajaran IPA. Melalui penerapan media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi lectora inspire ternyata banyak keuntungan yang diperoleh antara lain:

  • Media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi lectora inspire bila dirancang dengan baik, merupakan media pembelajaran yang efektif, dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Mendukung pembelajaran sesuai kemampuan siswa
  • Dapat dipergunakan sebagai penyampai balikan langsung
  • Materi dapat diulang-ulang sesuai keperluan, tanpa menimbulkan rasa jenuh

2. Hambatan dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dengan Aplikasi Lectora Inspire dalam Pembelajaran IPA. Hambatan penerapan media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi lectora inspire dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Baran I Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul adalah faktor sarana dan prasarana dan juga dari faktor siswa.

3. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA di SD Negeri Baran I Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dengan Aplikasi Lectora Inspire. Berdasarkan tabel 2 dapat diketahui bahwa nilai raport kelas Iv tiap tahunnya pengalami kenaikan tahun 2009/2010 rata-rata 75, tahun 2010/ 2011 rata-rat 78,dan tahun 2011/2012 rata-rata naik menjadi 81. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi lectora inspire mampu meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, hal ini disebabkan karena dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi lectora inspire siswa lebih tertarik, selain itu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif siswa yang lamban dalam daya penerimaannya dapat menyesuaikan diri, dengan adanya program pembelajaran interaktif dengan aplikasi lectora inspire siswa dapat mengerjakan soal-soal latihan tanpa tergantung pada guru.

Incoming search terms:

Leave a Reply