HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembuatan Website E-Commerce Butik Diar Lutfi Surakarta

ABSTRAK

Terbatasnya jangkauan pemasaran barang dan kurang efisiennya sistem promosi barang kepada masyarakat menyebabkan tidak tercapainya omzet yang maksimal dari butik. Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat dapat mendukung penerapan sistem e-commerce dalam penjualan produk. Tujuan Tugas Akhir ini adalah untuk membuat website e-commerce butik Diar Lutfi Surakarta, yang merupakan sarana pemasaran dan penjualan produk melalui internet. Metode yang di gunakan penulis adalah dengan melakukan studi literature mengenai sistem kerja website e-commerce, kemudian dilakukan perancangan desain dan sistem kerja website dan diimplementasikan dengan dibuatnya website e-coomerce ini.

Kesimpulan yang didapatkan bahwa website e-commerce ini berhasil dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman PHP yang dikombinasikan dengan database MySql. Kelebihan pemesanan produk pada website ini adalah menghemat waktu dan biaya dibandingkan dengan pemesanan secara langsung datang ke butik, dan pembeli dapat melihat katalog produk yang dapat langsung dilihat di halaman website ini.

Kata kunci : Website , E-Commerce

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi secara online. Hal ini sangat menguntungkan karena bisnis melalui online bisa menjangkau seluruh wilayah di berbagai dunia. Banyak orang yang sudah melirik internet untuk melancarkan bisnisnya. Bisnis internet merupakan suatu bisnis yang dalam prosesnya baik dalam pemesanan maupun pengantaran barangnya seluruhnya menggunakan media internet. Bisnis ini juga disebut e-commerce. Bisnis ini merupakan suatu model bisnis yang baru tetapi memiliki berbagai keuntungan dan kelebihan dibandingkan bisnis konvensional. Bisnis online yang sederhana seperti menampilkan produk dan melakukan order dengan telpon juga masih banyak dilakukan walaupun saat ini lebih banyak menggunakan kartu kredit. Melihat definisi e-commerce maka sebenarnya merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.

Awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Diantara tahun 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini. Kita pantas bangga bahwa UMKM Indonesia saat ini telah banyak yang mengetahui sarana penjualan yang mudah dan menjangkau seluruh dunia. Ada sebuah contoh kasus seorang pengusaha kerajinan (UMKM) mendapat order pesanan produknya senilai US$ 100.000 karena ada turis asing yang melihat produknya di sebuah website. Akhirnya dapat kita simpulkan bahwa apapun sarananya jika hal itu menghasilkan atau bernilai manfaat seperti e-commerce dapat digunakan untuk peningkatan usaha anda ( id.shvoong.com).

Penggunaan e-commerce merupakan merupakan salah satu kebutuhan bagi sebuah usaha atau perusahaan agar dapat bersaing secara global. Butik Diar Lutfy merupakan distributor dan toko yang menjual berbagai jenis produk pakaian jadi di Kota Solo. Mengunakan website e-commerce sebagai salah satu media penjualan dan promosi, maka akan memperluas daerah pemasaran produk dan memudahkan pembeli untuk memilih dan memesan produk tersebut sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan toko tersebut. Berdasarkan uraian latar belakang diatas penulis tertarik dan bermasksud untuk menyusun Tugas Akhir ini dengan tema Pembuatan website e-commerce butik Diar Lutfy Solo.

Leave a Reply