HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Aplikasi Info Pariwisata Magelang Berbasis Mobile Dengan J2ME

ABSTRAK

Tourism Information is very important to promote the resorts of Magelang. It was can do by phone media through Mobile Application, realize that now a days the function of Handphone was not just for communication but also changed to multifunction peripheral with the all fitures inside there. Java programmer language, especially J2ME was able to build a Mobile Application. And the purpose of this research was to build a Mobile Application for Magelang Tourism Information Based on Java.

The method for this research is observation and literature study. Observation method was done by looking for all information about Tourism in Magelang from website and Tourism Department. Literature study method was done by learning the tutorial and books about build a Mobile Application with JAVA programmer language. This application could become a promotion media for tourism of Magelang and also give easily guide for tourists to get some information of Tourism in Magelang.

Keywords : Mobile, Java, Tourism

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Banyak Masyarakat yang belum mengenal baik Wilayah Magelang, terutama dari sektor pariwisata. Publikasi dan promosi mengenai informasi-informasi wisata yang ada saat ini masih sebatas melalui media cetak (koran, spanduk, dan papan reklame), media televisi, dan website. Dibutuhkan media promosi yang lebih untuk meningkatkan pendapatan daerah Magelang dari sektor pariwisata, misalnya melalui media informasi Mobile dan dapat dibawa kemana– mana sehingga memudahkan wisatawan yang akan berkunjung ke Magelang. Perkembangan Teknologi perangkat lunak kini mulai merambah dunia mobile, saat ini sudah mulai bermunculan berbagai fitur dan aplikasi yang dapat dioperasikan ke dalam perangkat mobile. Tentu saja aplikasi-aplikasi tersebut sangatlah bermanfaat bagi masyarakat mengingat saat ini hampir setiap individu telah memegang perangkat mobile dimanapun mereka berada, yang berarti bahwa aplikasi ini pun dapat dioperasikan sewaktu-waktu.

Mobile Aplication merupakan aplikasi yang bisa berjalan pada ponsel dan dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk dari media promosi. Bahasa pemrograman JAVA khususnya J2ME digunakan untuk membangun sebuah Mobile Aplication pada sistem yang mempunyai kapasitas penyimpanan dan memori kecil seperti ponsel. Perkembangan yang signifikan ini juga banyak dimanfaatkan oleh para penyedia layanan telekomunikasi untuk menarik pangsa pasar dunia device bergerak (mobile phone), hal ini ditujukan dengan banyaknya layanan sambungan langsung ke Internet pada Handphone baik dengan koneksi GPRS (General Packet Radio Service), EDGE(Enhanced Data rates for GSM Evolution), UMTS. Adanya layanan GPRS, EDGE, maupun UMTS ini membuka peluang bagi para pengembang software Handphone untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis client-server dengan beragam fungsi dan manfaat salah satunya dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi dan publikasi atau penyebaran informasi dalam dunia pariwisata.

Berdasarkan latar belakang di atas, dibuatlah sebuah Mobile Aplication yang dirancang sebagai media promosi kota Magelang dan informasi-informasi pariwisata Wilayah Magelang sehingga memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Leave a Reply