HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Obat Tradisional

Obat Tradisional  Obat Tradisional

Obat Tradisional

Obat tradisional ~Obat tradisioanal yang merupakan ramuan yang turun temurun berupa obat yang berasal dari tanaman-tanaman tradisional, bahan hewan, mineral, atau sari pati hayati dan hewani.

Obat tradisioanal atau obat alami yang sudah lama dikenal sejak rubuan tahun lalu juga diakui oleh seluruh dunia. Di Indonesia sendiri penggunaan obat tersebut sangat ampuh dan dianggap mujarab utuk menyembuhkan suatu penyakit tertentu. Obat tradisonal yang terkenal di Indonesia salah satunya ialah jamu.

Dari keanekaragaman yang terjadi juga sangat berpengaruh positif pada pendapatan yang dihasilakn dari obat tradisional tadi. Terutama bagi para petani yang notabenenya mengahsilkan suatu tanaman obat tradisional dari bercocok tanam.

Berbicara mengenai obat alami, sumber penggunaannya dapat ditelusuri dari budaya dan konsep kesehatan dari beberapa prinsip pandang di antaranya Ayurveda, Cina dan Unani-Tibb (Wijesekera, 1991).

Sistem Ayurveda yang berkembang di India dan kawasan Asia Tenggara menganut konsep pemulihan kesehatan berdasarkan pengembalian (restorasi) dan menjaga keseimbangan tubuh pada keadaan normal.

Sistem Cina, yang berkembang di Cina, Jepang, Korea dan Taiwan, pada intinya menekankan pada pengembalian hubungan fungsional yang dinamis antar organ tubuh.

Sedangkan sistem Unani-Tibb yang berkembang di Timur Tengah terutama Mesir dan Turki, berdasarkan konsep terapi yang sistematis.

Di Indonesia sendiri, landasan ilmiah konsep pengobatan tradisional belum didokumentasikan secara sistematis, namun manfaatnya telah dirasakan terutama oleh masyarakat yang hidupnya jauh dari fasilitas pengobatan modern.

Demikian artikel yang berjudul Obat Tradisioanal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, terutama pada pengembangan wawasan anda terhadap Pengobatan Tradisional. 

Leave a Reply