HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Makalah Administrasi Negara

Makalah Administrasi Negara Makalah Administrasi Negara

Makalah Administrasi Negara

Administrasi Negara~Sebagai mahasiswa seringkali kita mendapat tugas membuat sebuah karya tulis ilmiah yang biasanya diajukan sebagai syarat penambahan nilai pada mata kuliah tertentu.

Karya tulis yang dijelaskan di atas sering disebut dengan makalah. Namun dalam pembuatan makalah kita ditemui oleh beberapa kendala, seperti kurangnya refrensi pengangkapatan topik karya tulis ilmiah atau makalah yang nantinya akan menjadi bahan pokok makalah.

Dalam menanggapi hal ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan berbagi wawasan dengan anda mengenai makalah, terutama sesuai dengan judul topik kita kali ini ialah makalah administrasi negara.

Administrasi negara adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan aparatur negara/aparatur pemerintah untuk mencapai tujuan negara secara efisien. Terdapat hubungan interaktif antara administrasi negara dengan lingkungan sosialnya. Diantara berbagai unsur lingkungan sosial, unsur budaya merupakan unsur yang paling banyak mempengaruhi penampilan (perfomance) administrasi negara.

Dalam hal ini administrasi negara seringkali diangkat sebagai topik pembuatan makalah, namun sebelum kita membahas tentang makalah administrasi negara perlu diketahui langkah-langkah pembuatan makalah.

Adapun langkah-langkah pembuatan makalah meliputi :

  1. Langkah awal dalam membuat makalah adalah mempelajari topik makalah yang akan anda tulis.
  2. Menyusun pola pikir.
  3. Mencari sebanyak-banyaknya referensi tentang topik tersebut. Minimal menggunakan 3-5 buah buku. Jangan selalu mengandalkan materi dari internet sebab biasanya hanya 1 materi yang di copas oleh yang lainnya.

Selanjutnya dalam pembuatan makalah, selalu disertai dengan format makalah itu sendiri. Meskipun dalam pembuatan makalah terdapat format yang bermacam-macam, setidaknya kita perlu mengetahui format umum pembuatan makalah. Adapun format pembuatan makalah meliputi :

  1. Lembar Judul atau Jilid
    a. Judul makalah
    b. Nama dan Nim
    c.  Nama dan Tempat Perguruan Tinggi- Tahun
  2. Lembar Pengesahan
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. Daftar Gambar
  6. Daftar Tabel
  7. Tubuh Makalah

Setelah kita mengetahui tata cara pembuatan makalah, beserta format pembuatan makalah, di bawah ini IDtesis menyajikan contoh makalah administrasi negara.

Makalah Administrasi Negara

A. Latar Belakang Masalah

Kebijakan  publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Dalam kehidupan bernegara, maka pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai kebijakan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari  membuat sampai menerapkan kebijakan itu  dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dan lainnya.

Berbagai gerakan reformasi publik (public reform) yang dialami negara-negara maju pada awal tahun 1990-an banyak diilhami oleh tekanan masyarakat akan perlunya peningkatan kualitas kebijakan publik yang diberikan oleh pemerintah. Di Indonesia dalam menigkatkan kesejakteraan masyarakat pemerintah berusaha memperbaiki semua hal yang biasa mensejakterakan rakyatnya, termasuk dalam perbaikan dalam kebijakan public.

B. Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang di atas, penulis memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Mengetahui tentang apa itu kebijakan publik.
  2. Mengetahui tentang analisis, pelaksanaan, dan isu kebijakan public

C. Rumusan Masalah

  1. Penulis mengambil masalah ini dengan rumusan masalah yaitu membahas semua yang menyangkut kebijakan public.

D. Kesimpulan

Dari semua pandangan mengenai kebijakan public menurut para ahli atau pakar dapat di simpulkan bahwa Kebijakan publik adalah segala sesuatu yang dikerjakan pemerintah, mengapa mereka melakukan, dan hasil yang membuat sebuah kehidupan bersama tampil.

Dalam meningkatkan kesejakteraan masyarakat dan peningkatan kebijakan itu sendiri, kebijakan publik secara umum ditentukan oleh beberapa aspek, selain hal-hal di atas yaitu : sistem, kelembagaan, sumber daya manusia, dan keuangan. Dalam hal ini pemerintah harus benar-benar memenuhi keempat aspek tersebut, karena dengan begitu, masyarakat akan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan kebijakan publik.

Demikian artikel yang berisi tentang Administrasi Negara, Langkah-Langkah Pembuatan Makalah, Format Makalah, Contoh Makalah Administrasi Negara. Semoga dapat bermanfaat bagi refrensi anda.

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply