HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kontekstual Mata Kuliah Komunikasi Dan Konseling Kebidanan

Contoh Tesis– Analisis Pembelajaran Kontekstual Mata Kuliah Komunikasi Dan Konseling Dalam Praktek Kebidanan Di Sekolah Tiinggi Ilmu Kesehatan Ahmad Yani Yogyakarta 

Komunikasi Konselor Kontekstual Mata Kuliah Komunikasi Dan Konseling Kebidanan

 

A.  Latar belakang

Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Oleh karena itu, perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Perubahan dalam arti perbaikan pendidikan pada semua tingkat perlu terus-menerus dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan (Trianto, 2009).

Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya. Pendidikan harus menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik. Konsep pendidikan tersebut terasa semakin penting ketika seseorang harus memasuki kehidupan di masyarakat dan dunia kerja, karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk menghadapi problema yang di hadapi dalam kehidupan sehari-hari saat ini maupun yang akan datang (Trianto, 2009)

B.  Rumusan masalah

Sesuai dengan fenomena yang diuraikan dalam pendahuluan diatas, peneliti merumuskan masalah penelitian :

  1. Bagaimanakah persiapan pembelajaran kontekstual yang dilakukan oleh dosen komunikasi dan konseling dalam praktek kebidanan di STIKES A. Yani Yogyakarta?
  2. Bagaimanakah proses pembelajaran kontekstual yang dilakukan oleh dosen komunikasi dan konseling dalam praktek kebidanan di STIKES A. Yani Yogyakarta?
  3. Bagaimanakah sistem penilaian pembelajaran kontekstual yang dilakukan oleh dosen komunikasi dan konseling dalam praktek kebidanan di STIKES A. Yani Yogyakarta?
  4. Bagaimanakah hasil yang dicapai dari pembelajaran kontekstual yang dilakukan oleh dosen komunikasi dan konseling dalam praktek kebidanan di STIKES A. Yani Yogyakarta?
  5. Kendala apakah yang dijumpai dalam pembelajaran kontekstual yang dilakukan oleh dosen komunikasi dan konseling dalam praktek kebidanan di STIKES A. Yani Yogyakarta?

C.  Hasil Penelitian

Pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata kuliah komunikasi dan konseling dalam praktek kebidanan untuk persiapan dan pelaksanaan sudah berjalan lancar, dengan sistem penilaian yang dilakukan didapatkan hasil prestasi mahasiswa yang memuaskan. Kendala yang timbul sudah dapat teratasi dan tidak banyak mempengaruhi proses belajar maupun hasil belajar mahasiswa.

D.  SARAN

Berdasarkan hasil penelitian, simpulan dan implikasi yang telah diurakan diatas dapat disimpulkan saran sebagai berikut :

  1. Dalam pelaksanaan pembelajaran kontekstual membutuhkan waktu yang lama tentetunya sesuai dengan waktu yang disediakan dalam proses pembelajaran untuk itu memerlukan manajemen pembelajaran yang tepat sesuai dengan model pembelajaran.
  2. Perlu dilakuakn penelitian lebih lanjut terhadap pengembangan pembelajaran kontekstual dalam mengatasi masalah belajar mahasiswa kebidanan, sekaligus untuk melengkapi kekurangan dalam pembelajarn kontekstual serta masukan dan kritik dalam penuliasan maupun redaksi penulisan.
  3. Perlu diadakan pelatihan atau loka karya atau diklat pembalajaran (PMB) misalnya PEKERTI dan model-model pembelajaran terkini (misalnya CTL), sehingga semua dosen dapat memahami tentang pembelajaran kontekstual secara benar serta mampu melaksanakan dengan baik.
  4. Perlu diadakan kerjasama dengan intitusi pelayanan kesehatan lain dalam pengembangan proses pembelajaran kontekstual khususnya dalam pengenalan kasus selama proses pembelajaran. Sehingga penggunaan kasus nyata (pasien sesungguhnya) dapat dilakukan.
Incoming search terms:

Leave a Reply