HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Organisasi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Organisasi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) ~Pada hakikatnya kelompok terbentuk atas kepentingan bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telh ditentukan bersama pula. Tujuan tersebut akan tercapai dengan optimal apabila dalam kelompok terbentuk suatu oraganisasi yang mampu mengelolah tiap individunya.

Salah satu contohnya ialah Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) merupakan suatu badan otonom, yang memiliki sifat kemandirian yang terdiri dari Konsil Kedokteran dan Konsil Kedokteran Gigi. Sehingga pada hakikatnya KKi bertanggungjawab langsung pada Kepala negara yang memiliki kedudukan di Ibu Kota.

Pada dasarnya KKi memiliki fungsi pengaturan, pengesahan, penetapan dan pembinaan yang ada pada dokter umum dan dokter gigi untuk menjalankan suatu praktik kesehatan berwawasan ilmu kedokteran dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan medis.

KKI merupakan suatu badan yang memiliki peran sebagai pelindung masyarakat. Meskipun peran tersebut tidak berjalan secara langsung akan tetapi manfaatny sangat terasa untuk masyarakat itu sendiri. Perlindungan kesehatan yang dimaksudkan dilakukan secara khusus oleh dokter serta dokter gigi.

KKI dalam UU No. 29 tahun 2004 telah dinyatakan bahwa :

KKI tentu tidak bekerja sendiri, tetapi bekerja sama dengan para pengandilnya, pemangku kepentingannya, misalnya Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan Nasional, Ikatan Dokter Indonesia, Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia, Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan, Asosiasi Rumah Sakit Kedokteran Gigi, Wakil Masyarakat, Kolegium Dokter, dan Kolegium Dokter Gigi juga termasuk di sana.

Dalam dunia KKI sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan yang ada, sama halnya yang ada di Indonesia yang berusaha menyeleksi dokter asing yang masuk apa sudah memenuhi standart yang telah ditentukan atau tidak. Dalam melakukan tahap penyeleksiannya tidak dilakukan sendiri oleh badan tertentu, akan tetapi mendapat dampingan langsung oleh Ikatan Dokter Indonesia dan Departemen Kesehatan.

Demikian artikel yang berjudul Organisasi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Semoga artikel ini mampu menambah wawasan Anda di bidang Kesehatan.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)