HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Keuntungan Usaha Ternak Sapi Potong

CONTOH TESIS – ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA TERNAK SAPI POTONG HASIL INSEMINASI BUATAN DI KABUPATEN SRAGEN

keuntungan usaha ternak sapi potong Tesis Keuntungan Usaha Ternak Sapi Potong

 

Latar Belakang Masalah Keuntungan Usaha Ternak Sapi Potong

Permintaan pasar akan daging sapi meningkat terus dari tahun ketahun sesuai dengan pertambahan jumlah penduduk dan peningkatan taraf hidup rakyat disertai dengan pengertian mengenai kepentingan pangan dan gizi. Hal tersebut sangat erat hubungannya dengan kehidupan sosial dan agama seperti musim haji, musim hajatan (pernikahan dan lain-lain), musim natal dan tahun baru dan puncaknya adalah hari raya Idul Fitri atau bulan Syawal (Darmono, 1993).

Pendapatan usaha sapi potong bagi peternak diperoleh dengan mengurangkan seluruh biaya pengeluaran tunai atas penerimaan tunai. Komponen biaya pengeluaran meliputi pembelian bibit, pakan, obat-obatan, inseminasi buatan, tenaga serta alat-alat pemeliharaan sapi. Komponen penerimaan diperoleh dari penjualan sapi, nilai tambah ternak, penyewaan tenaga kerja dan penjualan pupuk kandang (Said, 2006).

Dari beberapa uraian di atas, maka peneliti ingin mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha ternak sapi potong hasil inseminasi buatan di Kabupaten Sragen.

 

Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian yang dikemukakan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut, bahwa seberapa besar perbedaan keuntungan peternak IB dengan non IB dan seberapa besar pengaruh jumlah sapi, harga pakan, harga obat-obatan, upah tenaga kerja dan teknologi IB terhadap keuntungan peternak sapi potong di Kabupaten Sragen. Untuk itu pertanyaan peneliti yang diajukan adalah : perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id

  1. Apakah ada perbedaan yang nyata antara keuntungan peternak sapi potong IB dan non IB di Kabupaten Sragen ?
  2. Apakah jumlah sapi, harga pakan, harga obat-obatan, upah tenaga kerja dan teknologi Inseminasi Buatan berpengaruh terhadap keuntungan peternak sapi potong di Kabupaten Sragen ?

 

Tujuan Penelitian Keuntungan Usaha Ternak Sapi Potong

Tujuan merupakan hal yang penting dalam suatu penelitian sehingga dengan tujuan penelitian akan dapat bekerja secara terarah dan baik dalam mencari data dan pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk:

  1. Mengetahui perbedaan yang nyata antara keuntungan peternak sapi potong hasil IB dan non IB di Kabupaten Sragen.
  2. Mengetahui pengaruh jumlah sapi, harga pakan, harga obat-obatan, upah tenaga kerja dan teknologi inseminasi buatan terhadap keuntungan peternak sapi potong di Kabupaten Sragen.

 

Kesimpulan Tesis

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan usaha ternak sapi potong dengan menggunakan teknologi inseminasi buatan (IB) di Kabupaten Sragen berbeda secara nyata dibandingkan dengan keuntungan usaha ternak sapi potong tanpa menggunakan teknologi IB.
  2. Secara bersama-sama variabel jumlah sapi, harga pakan, upah tenaga kerja dan teknologi IB terbukti berpengaruh signifikan terhadap keuntungan peternak sapi potong. Secara parsial jumlah sapi dan teknologi IB berpengaruh positif terhadap keuntungan peternak sapi potong, harga pakan dan upah tenaga kerja berpengaruh negatif terhadap keuntungan peternak sapi potong. Sedangkan harga harga obat-obatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keuntungan peternak sapi potong.
Incoming search terms:

Leave a Reply