HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Karakter Air Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Penciptaan Karya Lukis

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Bumi memiliki sumber daya alam yang begitu banyak, salah satunya adalah Air. Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk yang ada di permukaan bumi, dan berperan penting dalam kehidupan. Ketika masih kecil, penulis sering bermain-main dengan air dan begitu kuatnya keinginan untuk menuangkan rasa yang ada dalam diri tentang bagaimana bila air diimplementasikan sebagai tema atau sumber inspirasi dalam karya lukis.

Salah satu sifat air adalah mengalir, dari tempat yang lebih tinggi, menuju ke tempat yang lebih rendah. Dapat dikatakan air bersifat fleksibel ( eklectic in corporatif ) dalam arti mampu menembus celah-celah terkecil, pada suatu bidang atau permukaan yang tampaknya rapat. Seperti halnya energi, air adalah unsur yang esensial (penting, mendasar), berguna bagi pertanian, industri, dan hampir semua kehidupan yang ada. Dan ternyata dari segi geografis air juga merupakan faktor utama bagi perkembangan kebudayaan manusia.

Fungsi air begitu penting dalam kehidupan, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sehari-hari maupun makhluk lainnya. Di dalam air ada sebuah ketenangan, namun dalam ketenangan tersebut tersimpan kekuatan yang luar biasa dan sangat dahsyat. Dalam Al-Qur’an surat An Nur juga di tegaskan tentang bagaimana hubungan air dengan manusia. “ dan Allah telah menciptakan semua binatang dari air (termasuk juga manusia) di antara mereka ada yang berjalan di atas perutnya, dan ada pula yang berjalan diatas dua kaki dan ada juga yang berjalan di atas empat kaki. Allah menciptakan apa yang Ia kehendaki. Sesungguhnya Allah Maha kuasa atas segala sesuatu “. (An Nur Juz XVIII : ayat 45)

Seperti yang telah diuraikan di atas ada juga yang menyatakan bahwa air lebih penting daripada makan. Orang bisa tahan tidak makan dan tetap hidup selama berhari-hari, tetapi ia akan segera mati jika tidak minum sama sekali. Seperti yang dikatakan oleh Ranto Gudel atau mbah Ranto. Ajaran Jawapun menganjurkan, ”golekono banyuning urip”. Maksudnya, dalam hidup ini orang harus selalu mencari air kehidupan. Jadi bukan unsur bumi lainnya, tapi airlah yang paling bisa memberi kehidupan bagi manusia ( Sindhunata, 2002 : 39 ).

Air adalah unsur kehidupan yang paling unik, kadang terlihat sangat tenang, lemah, dan tidak penting; tetapi suatu saat dapat lebih berharga dari emas dan bisa menimbulkan kekuatan yang sangat dahsyat melebihi kekuatan apapun. Bayangkan saja ketika kita sedang berada di gurun pasir yang begitu luas atau ketika kita sedang melakukan perjalanan yang sangat jauh dan harus ditempuh dengan berjalan kaki, walaupun dengan berbagai macam bekal dan tanpa adanya air kita tak akan pernah bisa dan mampu melakukan perjalanan ataupun berada di tempat tersebut. Namun tidak semuanya air dapat bermanfaat dan bisa dikonsumsi oleh tubuh kita, tentunya air bersih serta memiliki kadar yang sesuai dan dapat dikonsumsi oleh tubuh.

Begitu juga ketika kita sedang melakukan perjalanan dangan menggunakan kapal laut yang begitu besar kita tak akan dapat bertahan di atas kapal tersebut tanpa adanya air bersih ataupun air tawar, padahal bisa dikatakan bahwa kita sedang berjalan di atas air bahkan dengan luas terhampar di hadapan kita namun tak berarti apa-apa tanpa adanya air di atas air. Bedasarkan berbagai fungsi dan manfaat air, terlihat karakter dan sifatsifat air bagi kehidupan. Karakter dan sifat-sifat air tersebut yang membuat penulis tertarik untuk mengangkat tema mengenai karakter air sebagai sumber inspirasi dalam penciptaan karya lukis.

Incoming search terms:

Leave a Reply