HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Jasa Pembuatan Tesis Pembelajaran Akuntansi

1.Pengaruh Pembelajaran Akuntansi dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :

  • pengaruh penggunaan tipe pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa,
  • pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa,
  • pengaruh interaksi tipe pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa.

 

Penelitian ini termasuk eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil sebagai berikut :

  • penggunaan metode pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi,
  • aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa,
  • interaksi metode pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa.

Hasil uji komparasi ganda dengan metode scheffe, dapat disimpulkan bahwa :

  • metode tai menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada metode ceramah,
  • prestasi belajar siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dan sedang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah,
  • tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang melakukan pembelajaran tai dengan aktivitas belajar tinggi, sedang dan rendah.

 

 

2. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Aplikatif dan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negri I Slogohimo)

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :

  • Kevalitan instrumen (modul akuntansi kelas XII SMA) untuk menjamin data hasil penelitian,
  • Keefektifan modul Ekonomi sub bab Akuntansi berbasis pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan kemampuan aplikatif dan mencipta siswa.

 

Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall yang dimodifikasi. Sasaran penelitian terdiri atas sasaran kelas uji coba dan kelas pengembangan. Sasaran uji coba modul yang dikembangkan adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA N 1 Slogohimo Tahun Pelajaran 2014/ 2015, sedangkan sasaran pengembangan modul adalah siswa kelas XII IPS 2 (kelas perlakuan) dan XII IPS Bio (kelas kontrol) SMA N 1 Slogohimo Tahun Pelajaran 2014/ 2015.

 

Hasil uji coba kelayakan menunjukan bahwa instrumen valid digunakan untuk penelitian dengan nilai pencapaian sangat baik yakni: ahli materi 83, 16 %, ahli media 84, 17 % dan praktisi 88 %. Hasil Uji coba diperoleh  prosentase pencapaian sangat baik sebesar 85,7 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul Ekonomi sub bab Akuntansi berbasis pendekatan pembelajaran saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan aplikatif dan mencipta siswa dengan didapat nilai signifikansi = 0,000 dan 0,007 = 0,05 pada saat uji efektivitas antara kelas kontrol dan kelas perlakuan. Nilai rata-rata kemampuan aplikatif kelas perlakuan adalah 79,09 dan kelas kontrol rata-rata nilai 63,75, serta untuk nilai rata-rata kemampuan mencipta kelas perlakuan adalah 80,45 dan kelas kontrol adalah 69,17. Nilai tersebut menunjukan bahwa nilai kelas perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas kontrol.

Kata Kunci: Modul, saintifik, kemampuan aplikatif, kemampuan mencipta, peserta didik.

 

3. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi yang diindikasikan dengan peningkatan motivasi, keaktifan, partisipasi dan ketuntasan hasil belajar akuntansi setelah diadakannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Sragen yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.

 

Prosedur penelitian meliput tahap :

  • pengenalan masalah,
  • persiapan tindakan,
  • penyusunan rencana tindakan,
  • implementasi tindakan,
  • observasi dan pengamatan, dan
  • penyusunan laporan.

 

Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu:

  • perencanaan tindakan,
  • pelaksanaan tindakan,
  • observasi dan interpretasi, dan
  • analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan selama 6 x 45 menit.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran akuntansi. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan keaktifan siswa dalam apersepsi, keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran, keaktifan siswa pada saat pembahasan latihan soal dan mengerjakan latihan soal di kelas dengan tepat waktu dan benar serta ketuntasan hasil belajar. Akibatnya, siswa menjadi lebih mudah memahami materi pelajaran Akuntansi sehingga kualitas pembelajaran atau prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui langkah-langkah yang telah ditetapkan sebelumnya dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran peserta didik.

Kata kunci: Motivasi belajar, partisipasi belajar, keaktifan belajar, ketuntasan belajar Numbered Heads Together.

Leave a Reply