HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Eksposisi atau Pemaparan

Ekposisi atau Pemaparan adalah suatu bentuk retorika yang berusaha rnenerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut (Gorys Keraf, 1997: 3).

Karangan eksposisi berusaha memperluas pandangan dan pengetahuan pembaca melalui informasi atau obek yang dipaparkan dengan sejelas-jelasnya, maka pengamatan dan peneiltian sangat dibutuhkan untuk mengumpulkan fakta atau bahan dan objek pemaparan. Semua bahan yang terkumpul disusun agar masalah yang dipaparkan jelas dipahami oleh pembaca.

Di samping hal di atas, masih ada hal lain yang perlu dimiliki penulis eksposisi, yaitu keterampilan dalam menyusun dan merumuskan bahan dalam bentuk pernyataan yang memungkinkan objek menjadi lebih konkret dan sudah dimengerti pembaca.

Dengan demikian tulisan eksposisi bertujuan menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut. Dasar utama tulisan eksposisi adalah keluasan wawasan dan obyektivitas. Semakin luas wawasan penulis tentang obyek yang disampaikan, maka semakin baik wujud eksposisi yang dikemukakan.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat di simpulkan bahwa mengarang eksposisi merupakan suatu keterampilan berbahasa yang bersifat produktif dan ekspresif dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung melalui proses pengungkapan buah pikiran atau perasaan melalui bahasa tulis untuk dibaca dan dimengerti orang lain dengan tujuan menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut. (Ulasan ringkas tentang eksposisi atau paparan)

Incoming search terms:

Leave a Reply