HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Geografi Menurut Para Ahli

Geografi Definisi Geografi Menurut Para Ahli

Geografi

Geografi ~Saat kita menginjak di berbagai tingkat pendidikan kita tidak asing lagi dengan kata atau istilah Geografi, karena dalam rentetan dan sejumlah mata pelajaran yang diberikan oleh sekolah Geografi termasuk mata pelajaran wajib bagi siswa.

Identiknya orang yang mendefinisikan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi. Padahal geografi tidak hanya pengetahuan tentang bumi semata.

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi, persamaan dan perbedaan mengenai keruangan. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu geo (Bumi) dan graphein (menulis).

Yang dapat dipelajari dari geografi tidak hanya permukaan bumi akan tetapi juga segala sesuatu yang ada pada luar bumi, bahkan benda-benda di ruang angkasa pun turut menjadi objek kajian geografi.

Dari sinilah banyak definisi dari geografi yang dikaji oleh berbagai ahli. Salah satunya ialah Ekblaw dan Mulkerne. Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang membelajari seluruh isi bumi ini beserta kehidupan yang ada.

Akan tetapi Bintarto berpendapat bahwa Geografi merupakan ilmu yang mempelajarai segala gejala dan fenomena-fenomena yang ada dipermukaan bumi ini. baik secarafisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannyamelalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentinganprogram, proses, dan keberhasilan pembangunan.

Hal tersebut juga dapat dijelaskan oleh Preston E. James,ia mengungkapkan bahwa geografi merupakan sumber ilmu yang berkaitan erat dengan hubungan timbal balik yang ada antara manusia dan tempat tinggalnya.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari berbagai gejala serta fenomena yang ada dari dalam bumi ataupun luar bumi yang ada kaitannya dengan manusia itu sendiri.

Dalam geografi tentu saja memiliki suatu konsep yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek-objek yang dijadikan satu untuk mempermudah mamahaminya serta menjelaskannya. Konsep yang ada pada geografi biasanya berupa pengkajian fenomena-fenomena alam.

Salah satu konsep tersebut ialah konsep pokok georgrafi. Konsep pokok geografi dapat diartikan sebagai sarana mempermudah dalam mendalami, mempelajari kajian geografi yang ada. Whiple dalam hal ini menjabarkan konsep pokok geografi kedalam lima point diantaranya :

  1. Bumi sebagai planet,
  2. Variasi cara hidup,
  3. Variasi wilayah alamiah,
  4. Makna wilayah bagi manusia,
  5. Arti penting lokasi dalam memahami peristiwa dunia.
Incoming search terms:

Leave a Reply