HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Data Menurut Para Ahli

Data Definisi Data Menurut Para Ahli

Data

Data~Kadangkala dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari, kita ikut andil dalam prosesmencatat sebuah fakta yang telah kita lakukan sendiri.

Contoh umumnya saja saat kita sedang menjelajahi internet. Tanpa kita sadari kita telah melakukan pencatatan data. Pencatatan dat yang telah kita gunakan tadi akan dicatat oleh pihak operator.

Ada lagi bentuk lainnya, misalnya pada pemasaran laptop, pihak pemasaran yang ada pada perusahaan akan memerhitingkan berapa banyak pengguna laptop produknya yang dipakai di Indonesia.

Atau pencatatan data pada saat bencana gunung meletus. Akan ditarik sebuah data berupa penjelasan tentang berapa banyak korban yang diakibatkan dari gunung meletus tadi.

Nah, setelah sedikit penjabaran di atas tentu saja kita dapat menyimpulkannya dengan singkat bahwa data ialah sesuatu yang ada namun masih belum memiliki arti, yang tujuan pencatatannya akan diolah lebih lanjut.

Dalam hal ini ternyata para ahli memiliki pendapat yang berbeda namun masih dalam arti yang sama, dalam artikel kali ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan memberikan wawasan mengenai definisi data menurut para ahli.

Wahyu Supriyanto & Ahmad Muhsin ia menjelaskan bahwa data merupakan bahan baku yang dari sebuah informasi yang nantinya kan dikelompokkan sehingga menjadi satu kesatuan definisi berupa fakta, kuantitas, beenda dan yang lainnya.

Sedangkan Nuzulla Agustina mengungkapkan bahwa data merupakan keterangan yang didapat melalui kumpulan fakta, angka, tabel, grafik lambang, huruf dan sebagianya yang diambil dari kondisi tertentu.

Hal yang sama dilontarkan oleh Slamet Riyadi data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari hasil suatu pengamatan. Data dapat berupa angka atau lambang.

Kemudian Haer Talib menyatakan bahwa data adalah sekumpulan fakta dan sebuah fakta adalah kenyataan atau kejadian

Dari definisi di atas tentu saja dapat ditarik kesimpulan secara menyeluruh yaitu, data merupakan suatu fakta yang nantinya akan dikumpulkan menjadi satu kesatuan untuk di olah menjadi suatu informasi yang sangat penting.

Dari berbagai definisi di atas tentu saja kita juga perlu mengetahui bahwa data sendiri memilki jenis-jenis yang berbeda dan tentu saja jenis satu dan jenis lainnya memiliki kegunaan yang berbeda pula. Adapun jenis data menurut sifatnya ialah :

  1. Data kualitatif
  2. Data Kuantitatif

Data kualitatif merupakan data yang tidak berbentuk angka, akan tetapi data tersebut lebih berbentuk pada kualitas yang ada misalnya, kualitas pelayanan rumah sakit, gaya kepemimpinan, suasana kerja. Data tersebut biasanya didapat melalui pertanyaan atau kuesioner.

Sedangkan data kuantitatif merupakan data yang dapat berupa angka misalnya besar pendapatan pertahun, besar saham, dan sebagainya. Oleh sebab itu data memiliki keberagaman kegunaan seperti Dasar suatu perencanaan, Alat pengendalian, Dasar evaluasi

Demikian artikel yang berisi tentang Definisi Data, Contoh Data, Kegunaan Data Dan Jenis-jenis Data. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan refrensi bagi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply