HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Tesis Tema Meningkatkan kemampuan menggunakan alat laboratorium

1.Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) terhadap Pembentukan Sikap Ilmiah Siswa dengan Memperhatikan Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium (Studi Efektivitas Lembar Kerja Praktikum dan Diagram Vee dengan Menggunakan Laboratorium)

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :

  • Pengaruh model pembelajaran Direct Instruction dengan Lembar Kerja Praktikum dan Diagram Vee yang ditunjang sarana laboratorium terhadap pembentukan sikap ilmiah siswa,
  • Pengaruh Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium tinggi, sedang, dan rendah terhadap pembentukan Sikap Ilmiah Siswa,
  • Adanya interaksi antara model Direct Instruction menggunakan Lembar Kerja Praktikum dan Diagram Vee yang ditunjang sarana laboratorium dengan Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium terhadap pembentukan Sikap Ilmiah Siswa.

 

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009, sejumlah 5 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 4 kelas. Teknik pengumpulan data variabel Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium digunakan observasi langsung, dan Sikap Ilmiah Siswa digunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan :

  • Terdapat pengaruh model pembelajaran Direct Instruction menggunakan Lembar Kerja Praktikum dan Diagram Vee yang ditunjang sarana laboratorium terhadap pembentukan Sikap Ilmiah Siswa. Sikap ilmiah siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan Diagram Vee cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan sikap ilmiah siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction menggunakan Lembar Kerja Praktikum.
  • Terdapat pengaruh Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium tinggi, sedang, dan rendah terhadap pembentukan Sikap Ilmiah Siswa. Sikap Ilmiah Siswa yang memiliki Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium tinggi cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan Sikap Ilmiah Siswa yang mempunyai Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium sedang maupun rendah.
  • Terdapat interaksi antara model Direct Instruction menggunakan Lembar Kerja Praktikum dan Diagram Vee yang ditunjang sarana laboratorium dengan Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium terhadap pembentukan Sikap Ilmiah Siswa. Penggunaan model pembelajaran Direct Instruction menggunakan Lembar Kerja Praktikum dan Direct Instruction dengan Diagram Vee akan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap kelompok-kelompok yang kemampuan menggunakan alat laboratoriumnya berbeda.

 

 

2. Pembelajaran Kimia dengan Investigasi Kelompokmelalui Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Kemampuan Menggunakan Alat Laboratorium dan Persepsi Diri Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMK Wongsorejo Gombong pada Materi Elektrokimia Tahun Pelajaran 2011/2012)

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: perbedaan prestasi belajar siswa pada penggunaan metode eksperimen dan proyek, kemampuan menggunakan alat laboratorium, persepsi diri, dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Oktober 2011-Februari2012. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI (10 kelas) SMK Wongsorejo Gombong Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri dari empat kelas, XIMA, XIMD, XIOA, dan XIOC. Kelas XIMA dan XIMD diberi pembelajaran dengan metode eksperimen dan kelas XIOA dan XIOC diberi pembelajaran dengan metode proyek. Data untuk prestasi belajar kognitif dikumpulkan dengan metode tes, data kemampuan siswa menggunakan alat laboratorium digunakan observasi, persepsi diri dan prestasi afektif siswa menggunakan angket. Hipotesis diuji menggunakan Anava.

 

Dari hasil analisis data disimpulkan :

  • ada perbedaan prestasi belajar siswa pada penggunaan metode eksperimen dan proyek.
  • ada perbedaan prestasi belajar siswa pada kemampuan menggunakan alat laboratorium.
  • ada perbedaan prestasi belajar siswa pada persepsi diri siswa.
  • tidak ada interaksi antara metode dengan kemampuan menggunakan alat laboratorium terhadap prestasi belajar siswa,
  • tidak ada interaksi antara metode dan persepsi diri terhadap prestasi belajar kognitif siswa,
  • tidak ada interaksi antara kemampuan menggunakan alat laboratorium dengan persepsi diri terhadap prestasi belajar kognitif siswa,

tidak ada interaksi antara metode, kemampuan menggunakan alat laboratorium, dengan persepsi diri terhadap prestasi bela

Leave a Reply