HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Tesis Pendidikan Pendekatan pembelajaran tutor sebaya

1.Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Mahasiswa dalam Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Pencapaian Kompetensi Belajar Mahasiswa

 

Abstrak

Latar Belakang: Motivasi belajar adalah kunci seorang siswa untuk sukses belajar. Jika siswa memiliki keinginan yang kuat untuk belajar, maka ia akan berusaha keras untuk mencapai hal tersebut. Motivasi siswa sangat mendukung proses pembelajaran di kelas, selain itu strategi pembelajaran yang menyenangkan menggunakan metode tutor sebaya merupakan salah satu hal yang mendorong siswa untuk meraih prestasi maksimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan keaktifan mahasiswa dalam tutor sebaya dengan pencapaian kompetensi mahasiswa.

Metode: Desain penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 81 mahasiswa semester II Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang motivasi belajar dan keaktifan mahasiswa dalam metode tutor sebaya. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil:

  • Ada hubungan motivasi belajar dengan pencapaian kompetensi mahasiswa, dengan nilai p 0,009;
  • Ada hubungan antara keaktifan mahasiswa dalam metode tutor sebaya dengan pencapaian kompetensi mahasiswa dengan nilai p 0,008;
  • Ada hubungan antara motivasi dan keaktifan mahasiswa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dengan nilai p 0,000.

Kesimpulan: Ada hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan mahasiswa dalam metode tutor sebaya dengan pencapaian kompetensi mahasiswa.

Leave a Reply