HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi – Faktor – Faktor Ekspor Non Migas

Contoh Skripsi Ekonomi ~Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Non Migas Provinsi Jawa Tengah Tahun 1980-2010

Pelabuhan Ekspor Impor Contoh Skripsi - Faktor – Faktor Ekspor Non Migas

Pelabuhan Ekspor Impor

Latar Belakang Skripsi :

Perdagangan luar negeri tidak lepas dari permasalahan yang timbul antara lain karena ketidak siapan suatu negara untuk ikut serta dalam persaingan pasar bebas akan kalah dengan kompetitor yang memiliki kesiapan yang baik. Negara yang belum memiliki kesiapan hanya akan menjadi pasar bagi negara – negara yang menjadi kompetitornya, akibatnya banyak pengusaha yang gulung tikar kalah bersaing dengan kompetitor yang berakibat banyaknya penganguran dan perekonomian akan lesu.

Gejolak kurs dapat menyebabkan fluktuasi ekspor non – migas. Menguatnya kurs rupiah dapat berdampak pada  menurunnya ekspor non–migas. Rupiah mengguat harga produk Indonesia akan meningkat jika di nilai dengan mata uang asing, karena harga lebih mahal, maka permintaan produk Indonesia di luar negeri akan berkurang, sehingga ekspor menurun. Sebaliknya, bila kurs rupiah melemah maka akan terjadi peningkatan ekspor, karena harga produk buatan Indonesia menjadi relative murah jika di nilai dengan mata uang asing. Permintaannya cenderung meningkat, sehingga ekspor bertambah.

Perumusan Masalah

Penelitian ini difokuskan pada analisis faktor – faktor yang mempengaruhi fluktuasi perkembangan ekspor non migas provinsi Jawa Tengah sehingga dapat dirumuskan sebagai berikut:

1.  Bagaimana pengaruh variabel harga ekspor non migas, impor non migas, inflasi, kurs, dan GDP negara tujuan ekspor (Amerika Serikat, Jepang, Singapor) secara individu dan bersama – sama terhadap tingkat pertumbuhan ekspor non migas provinsi Jawa Tengah tahun 1980 – 2010.

Kepiting Salah satu Ekspor Non-Migas Contoh Skripsi - Faktor – Faktor Ekspor Non Migas

Kepiting Salah satu Ekspor Non-Migas

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga ekspor produk non migas, inflasi, impor, nilai tukar rupiah terhadap dollar, dan GDP perkapita negara tujuan ekspor (Amerika Serikat, Jepang, Singapor). Metode analisis yang digunakan Regresi Linier Berganda dengan pengujian statistik meliputi uji t, uji F dan R2 (koefisien determinan) serta uji asumsi klasik yaitu multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pengujian empiris terhadap faktor – faktor yang bepengaruh terhadap ekspor non migas Provinsi Jawa Tengah, maka dapat disampaikan kesimpulan sebagai berikut:

1.  Inflasi berpengaruh negatif terhadap ekspor non migas Provinsi Jawa Tengah. Inflasi akan menaikan biaya produksi yang berasal dari kenaikan harga bahan baku industri, perjuangan serikat buruh yang berhasil menuntut kenaikan upah dan lain – lain. Kenaikan biaya produksi pada gilirannya akan menaikan harga dan turunnya produksi. Kenaikan harga barang akhir (output) mengikuti kenaikan harga – harga barang input/ faktor produksi (Boediono, 1995. Dalam Wahyu Agung.2008 ). Pada dasarnya kenaikan inflasi akan menurunkan ekspor non migas Provinsi Jawa Tengah.

2. Kurs (nilai tukar) memiliki efek positif terhadap ekspor. Semakin tinggi nilai kurs (nilai mata uang sendiri turun relatif terhadap valuta asing) maka menyebabkan harga produk ekspor menjadi semakin murah dimata buyer luar negeri (importir). Disisi eksportir, naiknya nilai kurs (nilai mata uang sendiri turun relatif terhadap valuta asing) akan mendorong peningkatan produksi akibat keuntungan yang semakin meningkat karena rupiah yang diperoleh lebih besar sehingga mendorong peningkatan ekspor.

Incoming search terms:

Leave a Reply