HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Proposal Skripsi Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Inkuiri dari Sikap Ilmiah

Contoh Proposal Skripsi Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Inkuiri dari Sikap Ilmiah

 

Fasilitas belajar yang memadai dan apresiasi siswa yang aktif, diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sarana prasarana yang mendukung proses belajar mengajar di SMP Negeri 5 Klaten antara lain tersedianya alat – alat laboratorium yang memadai, siswa senang belajar dengan menggunakan alat – alat laboratorium dan keinginan guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan karakteristik materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini berusaha membandingkan efektivitas penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah melalui Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi ditinjau dari sikap ilmiah dan kreativitas siswa dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pada kompetensi dasar mendiskripsikan peran Kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, kelas VII Semester 2, SMP Negeri 5 Klaten Tahun Pelajaran 2008/ 2009.

 

Perumusan Masalah Contoh Proposal Skripsi

 

  1. Apakah ada pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah dengan metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap prestasi belajar siswa?
  2. Apakah ada pengaruh tingkat sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar?
  3. Apakah ada pengaruh tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar?

 

Landasan Teori

  1. Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah

Pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan konsep yang esensial dari materi pelajaran. (Nurhadi, Burhan Yasin, Agus Gerrad Senduk, 2004 : 56).

  1. Metode Pembelajaran Inkuiri

Metode pembelajaran inkuiri merupakan metode pembelajaran yang lebih menekankan peran aktif siswa baik fisik maupun mental.

  1. Inkuiri Bebas (Free Inquiry)

Inkuiri bebas merupakan suatu kegiatan belajar yang memberikan kebebasan siswa untuk menentukan masalah sendiri, mencari konsep merancang eksperimen sampai mencari kesimpulan.

  1. Inkuiri Bebas Termodifikasi (Modified Free Inquiry)

Metode Inkuiri Bebas Termodifikasi merupakan suatu kegiatan inkuiri bebas, tetapi dalam penentuan masalahnya diberikan oleh guru.

  1. Sikap Ilmiah (scientific attitude)

Kumpulan pengetahuan atau produk sains itu berupa fakta, generalisasi, teori dan lain sebagainya. Sains sebagai proses untuk mendapatkan scientific knowledge dikenal sebagai metode ilmiah.

  1. Pengertian Kreativitas

Kreativitas merupakan tuntutan pendidikan dan kehidupan pada saat ini. Kreativitas akan menghasilkan berbagai inovasi dan perkembangan baru.

 

Metode Penelitian Contoh Proposal Skripsi

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Klaten tahun pelajaran 2008/2009.

Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari empat kelas. Kelas eksperimen 1 adalah Inkuiri Terbimbing dan kelas eksperimen 2 adalah Inkuiri Bebas Termodifikasi. Masing-masing kelas eksperimen terdiri dari 78 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket.

Data yang dianalisis homogen dan berdistribusi normal.

Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan sel tak sama dengan bantuan software SPSS 13.

Uji anava menggunakan General Linear Model (GLM) dilanjutkan uji T. Soal prestasi belajar yang di uji cobakan berjumlah 50 butir soal. Setelah dilakukan uji validitas item soal, diperoleh 24 butir soal valid, ? < 0,05 ada 6 butir soal mendekati valid kemudian diperbaiki sehingga menjadi valid dan 20 butir soal yang tidak valid tidak dipakai (didrop). Setelah dilakukan uji reliabilitas item soal tes prestasi belajar aspek kognitif diperoleh harga koefisien reliabilitas r11 = 0,818. Ini berarti reliabilitas instrumen prestasi belajar dikategorikan tinggi.

 

Kesimpulan

Kesimpulan dari  Contoh Proposal Skripsi Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Inkuiri dari Sikap Ilmiah adalah sebagai berikut

  1. Pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah dengan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar siswa. Diketahui bahwa:
    1. Terdapat perbedaan prestasi belajar yang disebabkan oleh perbedaan metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi.
    2. Metode Inkuiri Terbimbing memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibanding metode Inkuiri Bebas Termodifikasi.
  2. Perbedaan prestasi belajar yang ditimbulkan oleh perbedaan sikap ilmiah. Diketahui bahwa:
    1. Terdapat perbedaan prestasi belajar yang ditimbulkan oleh perbedaan sikap ilmiah.
    2. Sikap ilmiah yang tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibanding dengan sikap ilmiah yang rendah
  3. Perbedaan prestasi belajar yang disebabkan perbedaan kreativitas siswa. Diketahui bahwa:
    1. Terdapat perbedaan prestasi belajar yang disebabkan perbedaan kreativitas siswa
    2. Kreativitas siswa yang tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibanding kreativitas siswa yang rendah.
Incoming search terms:

Leave a Reply