HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Budidaya dan Pemanfaatan Tanaman Berbahan Baku Sambung Nyawa Di Kebun Tanaman Obat Karyasari

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Menggali terus kekayaan alam berupa tanaman obat memang perlu dilakukan terus menerus.bukan hanya untuk menemukan jenis-jenis tanaman obat baru, tetapi lebih penting lagi adalah mendalami tanaman-tanaman obat yang sudah kita kenal dari sisi penggunaan secara empiris maupun dari sisi penelitian.Karena begitu banyak tanaman obat indonesia maka kita harus mengetahui banyak tentang jenis dan khasiat yang terkandung. Indonesia merupakan negara kaya akan tanaman berkhasiat obat, namun saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai pengobatan terhadap suatu penyakit. Seiring dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan, kesadaran dan kebutuhan akan perlunya hidup sehat. Saat ini pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai tanaman berkhasiat obat semakin berkembang. Masyarakat mulai memahami bahwa penggunaan tanaman untuk obat sebenarnya bisa sejajar dan saling mengisi dengan pengobatan modern. Tidak jarang, penggunaan tanaman obat dengan berbagai alasan herbal dijadikan sebagai pilihan pertama dan utama untuk pengobatan.

Saat ini orang telah kembali pada pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman obat, baik untuk menjaga kesehatan maupun mengobati penyakit. Tanaman Sambung Nyawa (Gynura procumbens) adalah salah satu tanaman obat penting yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun tumbuhan ini berguna untuk mengobati stroke, jantung, luka terpukul, melancarkan sirkulasi, menghentikan pendarahan (batuk darah, muntah darah, mimisan), pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, dan terlambat datang bulan.

Selain digunakan untuk obat, Sambung Nyawa juga dapat dimanfaatkan sebagai campuran makanan. Di daerah tertentu, Sambung Nyawa digunakan sebagai campuran makanan, sebagai contoh makanan yang menggunakan Sambung Nyawa sebagai campuran adalah rendang daging sapi Sambung Nyawa dan opor ayam Sambung Nyawa. Sambung Nyawa juga dapat dimanfaatkan untuk lalapan. Melalap Sambung Nyawa dapat dijadikan variasi menu makan sehari-hari sehingga dapat menghilangkan rasa kebosanan, selain untuk menambah selera makan.

Sambung Nyawa (Gynura procumbens) memiliki sifat sebagai anti coagulant ( mencairkan bekuan darah ) sehingga mencegah stroke dan jantung, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun, anti karsinoen, anti mutagenesis dan diuretik ( peliruh kencing ). Kandungan senyawa yang terdapat dalam tanaman ini, diantaranya saponin, minyak atsiri, flavonoid, tanin, vanilat polivenol, asam klorogenat, asam kalfeat, asam pkumarat dan asam p-hidroksi benzoat, alkaloid, triterpenoid, sterol dan vitamin K.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi pertanian lengkap / tesis pertanian lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

Leave a Reply