HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Alur Analisis Gender

Alur Analisis Gender Alur Analisis Gender

Alur Analisis Gender

Alur Analisis Gender ~ Alur Analisis Gender merupakan suatu metod yang dilakukan untuk mengidentifikasi adanya penyimapangan gender serta mengembangkan indikator kesensitifan gender dalam program pembangunan nasional.

Dalam analisa gender ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi dan dilakukan secara bertahap. Adapun Alur analisa gender meliputi:

  1. Analisa kebijakan
  2. Klasifikasi kebijakan
  3. Penetapan kebijakan

Dalam analisa kebijakan tentu saja hal hal yang ada pada tahapan itu dapat digambarkan sebagai berikut:

Analisis Kebijakan –> Menulis Kembali Kebijakan –> Mengadakan Program –> Kegiatan Tersebut Ditulis Dalam Propenas –> Renstra –> Repeta Di Pusat Dan Propeda –> Renstrada –> Repetada Di Daerah –> Kebijakan –> Program –> Kegiatan Yang Diambil Dan Ditulis Memiliki Kaitan Dengan Data Kesenjangan Gender Pada Langkah Pertama.

Selanjutnya pada pengelompokkan kebijakan dapat ditempuh dengan alur:

Klasifikasikan Kebijakan –> Program –> Kegiatan Tersebut Dalam Klasifikasi Netral –> Bias Atau Responsif Gender.

Pada tahap akhir yaitu penetapan kebijakan diperoleh hasil dari tahapan, meliputi:

Penetapan Kebijakan –> Program –> Kegiatan Yang Strategis –> Tujuan Dari Kebijakan –> Program –> Kegiatan Yang Ada Di Propenas –> Renstra –> Repeta –> Propeda –> Renstrada –> Repetada.

Dalam menganalisa gender juga dikenal bebrapa model salah satunya ialah model harvard. pada metode ini menggunakan pendekatan yang efisien WID, dalam metode tersebut diperoleh kerangka analisa gender dan peranan gender yang paling awal.

Selain itu ada metode GAP atau lebih dikenal dengan sebutan Gender Analysis Pathway. Pada metode tersebut digunakan suatu alat yang dapat mengembangkan pesatnya pertumbuhan gender alat tersebut diprakarsai oleh BAPPENAS.

Alat tersebut dapat membantu proses perencanaan dalam melakukan pengarusutamaan gender dalam perencanaan kebijakan, program, proyek dan atau kegiatan pembangunan.

Demikian artikel yang berjudul alur Analisa Gender. Artikel ini dibuat dengan sengaja bertujuan untuk berbagi wawasan kepada Anda yang sedang mencari berbagai refrensi yang berhubungan dengan Keadilan Gender.

Leave a Reply