HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Upaya-Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Prestasi Belajar Upaya-Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Prestasi Belajar

Upaya-Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa~  Belajar yang pada dasarnya merupakan bagian dari usaha sadar serta terncana yang dilakukan tiap-tiap individu untuk memenuhi kebutuhannya.

Pada saat melakukan kegiatan belajar, setiap orang akan mengalami perubahan pada dirinya. hal tersebut dikelompokkan kedalam 3 aspek penilaian yaitu :

  1. Kognitif
  2. Afektif
  3. psikomotorik

pendidikan yang nantinya akan memiliki kegiatan belajar dapat ditempuh seseorang dengan dua jalur. Yaitu jalur pendidikan yang bersifat formal, serta jalur pendidikan yang bersifat non formal.

Dalam belajar juga diperoleh sebuah hasil atau yang seringkali disebut dengan prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan hasil atau ukuran kemampuan seseorang dari kegiatan belajarnya.

Dalam pencapaian prestasi belajar tentu saja dibutuhkan suatu upaya-upaya yang dilakukan untuk mendorong individu tersebut mencapai tujuannya.

Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan dengan mengelola faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Ada dua faktor yang menjadi dasar terciptanya sebuah prestasi siswa yaitu faktor intern dan faktor eksternal.

Faktor intern biasanya faktor yang timbul dari dalam siswa. Bentuk bentuk faktor intern dapat berupa :

  1. Faktor jasmani
  2. Faktor psikologi

Sedangkan faktor eksternal ialah faktor yang munvul dari luar diri siswa. Bentuk dari faktor tersebut meliputi :

  1. Faktor guru
  2. Faktor lingkungan

Faktor internal yaitu faktor jasmani biasanya lebih berorientasi pada kesehatan jasmani siswa. Proses belajar seseorang terganggu bila kesehatan seseorang terganggu. Jadi sehat disini meliputi sehat jasmani,rohani dan sosial,kesehatan seseorang berpengaruh terhadap belajarnya.

Sedangkan faktor eksternal yang dilandasi oleh faktor guru biasanya mengacu pada kurikulum serta metode mengajar yang ada serta yang telah diterapkan oleh guru tersebut. Guru yang mampu menciptakan suasana harmonis antara siswa dengannya akan lebih cenderung memiliki siswa yang mudah menyerap ajaran darinya.  Sebab dengan keharmonisan dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Sebagai solusi, konsultasi, dan refrensi kami IDtesis membantu anda menyelesaikan kendala dalam Pembuatan Disertasi, Tesis, dan Skripsi.

Incoming search terms:

Leave a Reply