HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Tesis Ekonomi Analisa Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap rate Of Return Pada Perusahaan yang Tergabung Dalam Lq 45

Tesis Ekonomi Analisa Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap rate Of Return Pada Perusahaan yang Tergabung Dalam Lq 45

ABSTRAK

Dalam penyusunan tesis ekonomi ini penulis ingin menganalisa Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap rate Of Return Pada Perusahaan yang Tergabung Dalam Lq 45. Penulis tertarik untuk mengangkat tema ini karena saat ini banyak sekali Invertor baik asing maupun swasta yang menginvestakan dananya pada perusahan, tentunya pada perusahaan yang memiliki kinerja yang baik, harapan investor adalah dapat memperoleh tingkat pengembalian saham yang diharapkan. Hal ini harus dilakukan investor dengan menanamkan modalnya pada perusahaan yang berkinerja baik. Untuk itu diperlukan konsep penilaian kinerja yang mampu mengukur seberapa baik kinerja yang dimiliki sebuah perusahaan. Dalam penelitian tesis ekonomi ini akan diungkap masalah penilaian kinerja perusahaan dan hasilnya. Konsep penilaian kinerja ada dua macam, yaitu konsep konvensional dan konsep value based. Konsep konvensional sering menggunakan laba dan arus kas sebagai indikator utama keberhasilan kinerja suatu perusahaan. Konsep value based dinilai lebih baik karena mempertimbangkan resiko biaya modal yang dihadapi oleh perusahaan. Penyusunan tesis ekonomi ini bertujuan untuk menganalisis apakah konsep penilaian kinerja perusahaan, baik konvensional maupun value based, berpengaruh terhadap rate or return.

Penelitian dalam tesis ekonomi ini menggunakan Rate of Return (ROR) sebagai variabel dependen dan Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Return on Investment (ROI), Operating Cashflow (OCF), Earning Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA) sebagai variabel independen. Hipotesis yang diajukan oleh penulis untuk menyusun tesis ekonomi ini akan diuji dengan model regresi linear berganda. Sampel dalam tesis ekonomi ini sebanyak 38 perusahaan yang tergabung dalam LQ 45 tahun 2004.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi akuntansi lengkap / tesis akuntansi lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan dimasa mendatang, yaitu capital gain dan dividen yield. Akan tetapi, sebelum melakukan investasi, investor perlu memastikan apakah modal yang ditanamkan mampu memberikan tingkat pengembalian (rate of return) yang diharapkan atau tidak, yaitu dengan cara mengetahui kinerja perusahaan. Perusahaan yang berkinerja baik akan dapat memberikan tingkat pengembalian yang lebih diharapkan dari pada berinvestasi pada perusahaan yang berkinerja tidak baik. Untuk itu diperlukan suatu penilaian kinerja pada perusahaan-perusahaan yang akan dijadikan sebagai tempat investasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisa laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan, karena laporan keuangan merupakan cerminan dari prestasi manajemen sebuah perusahaan pada satu periode tertentu.

Selama ini laba akuntansi selalu menjadi fokus perhatian dalam menilai kinerja suatu perusahaan. Laba / keuntungan merupakan hasil dari kebijaksanaan yang diambil oleh manajemen. Rasio keuntungan dipakai untuk mengukur seberapa besar tingkat keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan. Semakin besar tingkat keuntungan menunjukkan semakin baik manajemen dalam mengelola perusahaan. Rasio keuntungan menurut Sutrisno (2000) dapat diukur dengan beberapa indikator,yaitu : Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Return On Investment (ROI), dan Earning Per hare (EPS).

Namun dalam menilai kinerja perusahaan tidak cukup hanya menggunakan laba akuntansi saja, karena laba akuntansi tidak mempunyai makna riil apabila tidak didukung oleh kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas. Maka digunakanlah Operating Cash Flow (OCF) sebagai penilai kinerja perusahaan. Menurut Baridwan (1997), Hastuti (1998), Suadi (1998), Asyik (1999), dan Triyono (2000), penggunaan Operating Cash Flow (OCF) dalam melakukan penilaian kinerja perusahaan dinilai mampu memberikan nilai tambah bagi para pemakai informasi laporan keuangan.

Penggunaan analisis rasio keuangan maupun operating cash flow yang merupakan alat pengukur akuntansi konvensional memiliki sebuah kelemahan utama yaitu tidak memperhatikan resiko yang dihadapi perusahaan dengan mengabaikan adanya biaya modal, sehingga sulit untuk mengetahui apakah suatu perusahaan telah berhasil menciptakan nilai perusahaan atau tidak. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, telah dikembangkan sebuah konsep baru yaitu EVA (Economic Value Added) yang mencoba mengukur nilai tambah yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dengan cara mengurangi laba operasi setelah pajak dengan beban biaya modal (cost of capital), dimana beban biaya modal mencerminkan tingkat resiko perusahaan. Economic Value Added (EVA) yang positif menandakan perusahaan berhasil menciptakan nilai bagi pemilik modal, karena perusahaan mampu menghasilkan tingkat pengembalian yang melebihi tingkat biaya modal.

Pengaruh konsep penilaian kinerja terhadap tingkat pengembalian investasi sangat penting untuk diketahui oleh investor untuk memperoleh kepastian tentang kegiatan investasi yang akan dilakukannya terhadap sebuah perusahaan. Investor akan dapat melakukan pengambilan keputusan investasi secara tepat, jika dapat mengetahui kinerja sebuah perusahaan. Melihat hal tersebut maka penulis berminat untuk melakukan penelitian untuk menyelesaikan tesis ekonomi dengan mengambil judul : “ANALISA PENGARUH PENILAIAN KINERJA TERHADAP RATE OF RETURN PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM LQ 45 “.

READ MORE Tesis Ekonomi

Contoh tesis ekonomi ini diharakan dapat membantu mahasiswa dalam menyusun penelitian maupun tugas akhir.

Tags: , , , ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632