HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Universitas Borneo Tarakan

Dalam rangka percepatan peningkatan daya saing bangsa diperlukan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dan kualifikasi akademik yang handal dan relevan dengan kebutuhan pembangunan bangsa. Untuk itu Universitas Borneo Tarakan meningkatkan layanannya kepada masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan, dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang magister.

Hal tersebut di atas telah dimungkinkan dengan perolehan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 152/E/0/2014 tentang izin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum, Program Magister pada Universitas Borneo Tarakan di Kota Tarakan. Sesuai diktum keenam SK No 152 E/0/2014 tersebut, Program Studi Magister Ilmu Hukum UBT telah berstatus terakreditasi.

Penerimaan mahasiswa baru Program Magister Ilmu Hukum UBT dilakukan satu kali dalam satu tahun sesuai dengan kalender akademik Universitas Borneo Tarakan. Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru dapat dilihat pada laman http://pps.borneo.ac.id.

Daftar Isi

  1. Sejarah Magister Manajemen Universitas Borneo Tarakan
  2. Visi
  3. Misi
  4. Tujuan
  5. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Borneo Tarakan
  6. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Borneo Tarakan

 

Sejarah Magister Manajemen Universitas Borneo Tarakan

Universitas Borneo Tarakan didirikan oleh Yayasan Pinekindi pada tanggal 09 Oktober 1999 dan ditetapkan pada tanggal 30 Maret 2000 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pinekindi Nomor: 011/YP/TRK/III/2000. Universitas Borneo Tarakan secara resmi mulai menyelenggarakan proses pendidikan pada tanggal 06 Juni 2001, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 37/D/O/2001.

 

Universitas Borneo Tarakan berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan Peratutan Presiden Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2010 Tentang Pendirian Universitas Bangka Belitung, Universitas Borneo Tarakan, dan Universitas Musamus yang ditetapkan di Jakarta pada tangal 19 November 2010 yang berkedudukan di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, dimana Kampus Utama Universitas Borneo Tarakan berada dibagian timur kota Tarakan, yaitu di tepi Pantai Amal yang terletak di Jalan Amal Lama Nomor 1 Kota Tarakan.

 

Universitas Borneo Tarakan berusia 17 Tahun, dalam kurun waktu tersebut telah mengalami empat kali pergantian pemimpin yaitu :

 

Periode 2000 – 2004   : Prof. Dr. Kadar Soetrisno, M.Agr (Alm)

Periode 2004 – 2013   : Abdul Jabarsyah.,P.hD

Periode 2013 – 2017   : Dr. Bambang Widigdo

Periode 2017 –            : Prof. Dr. Drs. Adri Patton,M.Si

 

Universitas Borneo Tarakan terdiri dari 7 Fakultas, yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selanjutnya Program Studi yang dikelola sebagai satuan pendidikan di Universitas Borneo Tarakan adalah Program Studi: Budidaya Perairan dan Manajemen Sumberdaya Perairan (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Agroteknologi dan Agribisnis (Fakultas Pertanian), Teknik Sipil dan Teknik Elektro (Fakultas Teknik), Ilmu Hukum (Fakultas Hukum), Manajemen dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (Fakultas Ekonomi), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Bimbingan dan Konseling (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) serta Diploma 3 Ilmu Kesehatan dan Magister ilmu Hukum.

 

Universitas Borneo Tarakan berada dalam kawasan yang memiliki sumberdaya alam yang melimpah, baik berupa sumberdaya pesisir dan kelautan, hutan, tambang, lahan pertanian dan lainnya. Selain itu Universitas Borneo Tarakan terletak pada geografis yang strategis dengan ciri khusus berada dekat wilayah perbatasan Indonesia Malaysia – Sabah.

 

Visi

Visi UBT adalah menjadi pusat penyelenggara pendidikan tinggi berbasis riset untuk mendukung pembangunan dan pengembangan potensi kawasan perbatasan dan sumberdaya laut tropis yang berkelanjutan.

 

Misi

Misi UBT adalah:

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berstandar nasional yang berorientasi kewirausahaan;
  2. Mengembangkan riset yang berfokus pada potensi kawasan perbatasan dan sumberdaya laut tropis yang bermanfaat bagi pembangunan nasional.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat; dan
  4. Mendorong terwujudnya kekuatan moral dalam pembentukan masyarakat madani dan pembangunan berkelanjutan

 

Tujuan

Tujuan UBT adalah:

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi sesuai bidangnya yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki keimanan dan ketakwaan  yang kuat.
  2. Menghasilkan invensi dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pengembangan potensi kawasan perbatasan dan sumberdaya laut tropis yang bermanfaat bagi pembangunan nasional.
  3. Menghasilkan solusi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan
  4. Mewujudkan kekuatan moral untuk pembentukan masyarakat madani dan pembangunan berkelanjutan

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Borneo Tarakan

Prodi S1 Manajemen

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Borneo Tarakan

Prodi S1 Manajemen

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?