HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin

Fakultas Hukum Unhas sebagai salah lembaga pendidikan hukum terkemuka di Indonesia senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswanya. Beberapa fasilitas bangunan kampus yang tertata menjadi FH sebagai salah satu fakultas dengan fasilitas terlengkap. Ruang kuliah yang cukup luas dengan ruangna pendingin dilengkapi layar LCD di setiap ruang kuliah. Selain ruang kuliah, juga terdapat pula aula yang bisa digunakan untuk seminar ataupun kuliah dalam kapasitas besar, seperti aula “Baharuddin Lop”. Untuk menunjang pembelajaran, FH juga menyediakan laboratorium, seperti laboratorium komputer, laboratorium perancangan, laboratorium penyuluhan dan advokasi. Untuk para calon wisudawan, disediakan ruang sidang ahmad manggau dan ruang promosi yang berdiri sendiri. Fasilitas Ibadah, seperti masjid baitul hakiem, juga menjadi salah satu ikon fakultas.

 

Daftar Isi

  1. Sejarah Magister Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin
  2. Visi
  3. Misi
  4. Tujuan
  5. Sasaran
  6. Profil Lulusan
  7. Departemen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin
  8. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Hasanuddin
  9. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Hasanuddin

 

 

 

Sejarah Magister Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin

 Fakultas Hukum secara resmi didirikan pada 3 Maret 1952 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3399 / Kab, tanggal 30 Januari 1952 dengan nama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Awalnya, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran adalah cabang dari Fakultas Hukum dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ketiga fakultas ini kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Universitas Hasanuddin pada 9 September 1956.

 

Keberhasilan berdirinya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat saat itu, tidak lepas dari upaya keras para petarung perguruan tinggi yang merupakan anggota Lembaga Pendidikan Tinggi di Makassar yang dipimpin oleh JE Tatengkeng dan kawan-kawan, serta mendapat dukungan penuh dari keduanya. pemimpin lokal dan pemimpin partai politik di Sulawesi pada saat itu.

 

Visi

 

Program studi ilmu hukum unggulan, dengan lulusan  berbudaya, bermoralitas tinggi dan berdaya saing  secara nasional dan internasional pada tahun 2018

 

Misi

 

Misi Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin adalah:

 

Mengembangkan profesionalitas dan intelektualitas di bidang ilmu hukum melalui proses pembelajaran yang berbasis kompetensi (learning competence  based).

Mengembangkan program studi ilmu hukum melalui penelitian unggulan dalam bidang ilmu hukum (excellent research in legal science).

Mengembangkan program studi ilmu hukum sebagai ujung tombak pengembangan ilmu hukum dalam rangka mewujudkan universitas berkelas dunia (world class university).

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan teoritis-praktis yang luas dan mendalam mengenai hukum tata negara, hukum perdata, hukum pidana, atau hukum agraria yang dilihat dari berbagai aspek, baik aspek hukum, sosial, politik, filosofi, lingkungan, pembangunan, maupun aspek lainnya.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi masalah hukum keperdataan, ketatanegaraan, kepidanaan, atau keagrariaan sejalan dengan segala perkembangan tersebut, mengajukan konsep-konsep ilmiah, baik yang merupakan alternatif pemecahan masalah maupun yang menyangkut pengembangan hukum ketatanegaraan, keperdataan, kepidanaan, atau keagrariaan.

 

Sasaran

 

Kualitas :

  • Lulusan magister hukum yang kreatif, inovatif, dan arif sehingga dapat mengembangkan ilmu hukum yang sesuai dengan perkembangan hukum terkini dan global.
  • Menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan pada jurnal-jurnal yang terakreditasi, baik dalam lingkup nasional maupun internasional, sehingga dapat memberi kontribusi pada pengembangan ilmu, teknologi dan seni di bidang hukum.

Relevansi :

  • Lulusan magister hukum memiliki kompetensi, dan kemahiran analisis, sintesis, dan evaluasi di bidang ilmu hukum yang diwarnai oleh nilai-nilai berpikir dan bertindak dalam bingkai moralitas keilmuan.
  • Hasil-hasil penelitian yang konsisten dalam mendukung peningkatan daya saing bangsa dan memperkuat reaktualisasi nilai-nilai berpikir, berperilaku, bertindak, dan nilai moral.

 

Departemen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin

  • Departemen Hukum Dasar
  • Departemen Hukum Pidana
  • Departemen Hukum Acara
  • Departemen Hukum Keperdataan
  • Departemen Hukum Internasional
  • Departemen Hukum Tata Negara
  • Departemen Hukum Aadministrasi Negara
  • Departemen Hukum Masyarakat dan Pembangunan

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by