HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Praktek Penjualan Motor Bekas pd UD. Mulia Motor Pemasaran

Judul Tesis : Praktek Penjualan Motor Bekas pada UD. Mulia Motor Pemasaran, Sragen

 

A. Latar Belakang

Banyak yang mengatakan bahwa penjualan sama dengan pemasaran, padahal keduanya mempunyai pengertian yang berbeda. Pemasaran meliputi kegiatan yang lebih luas, sedangkan penjualan hanyalah merupakan satu kegiatan saja di dalam pemasaran. Penjualan merupakan ilmu dan seni yang mempengaruhi pribadi seseorang yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Pengertian pemasaran sendiri adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan produk, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang, jasa dan ide kepada pasar sasaran agar dapat mencapai tujuan organisasi.

Perusahaan selalu berusaha untuk menciptakan keuntungan dengan jalan meraih volume penjualan yang tinggi. Dalam memperoleh volume penjualan yang tinggi, diperlukan proses penjualan yang mudah untuk diikuti konsumen. Kegagalan suatu perusahaan tidak hanya diakibatkan oleh produk perusahan yang kurang sempurna, tetapi juga karena tidak tercapainya sasaran penjualan yang menguntungkan. Selain untuk menciptakan keuntungan yang maksimal dengan meraih volume penjualan yang tinggi, perusahaan juga mempunyai tujuan lain yaitu mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana proses penjualan yang dilakukan oleh UD. Mulia Motor dalam memasarkan barangnya ?
  2. Permasalahan apa saja yang dihadapi UD. Mulia Motor dalam melakukan penjualan ?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya,untuk berkembang dan mendapatkan laba. Menurut William J.Stanton dalam Basu Swastha DH. dan Irawan (1999: 5) Menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

PENJUALAN

Menurut William J. Stanton (1996: 16) Dibawah konsep penjualan, sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian mendayagunakan aneka metode penjualan untuk membujuk konsumen membeli produknya. Ini berarti bahwa perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai dengan suplai yang diajukan. Sebaliknya dibawah konsep pemasaran perusahaan menjajaki apa yang diingini oleh konsumen dan kemudian berusaha mengembangkan produk yang akan memuaskan keinginan konsumen dan sekaligus memperoleh laba. Disini perusahaan menyesuaikan suplai mereka untuk memenuhi permintaan konsumen.

Manajemen Penjualan

Menurut Basu Swastha ( 2001: 28 ) yang dimaksud dengan manajemen penjualan adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program-program kontak tatap muka, termasuk pengalokasian, penarikan, pemilihan, pelatihan dan pemotivasian yang dirancang untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan di UD. Mulia Motor, Jl. Raya Solo – Sragen Km 16, Karang Malang, Masaran, Sragen.

Sumber Data pada penelitian ini yaitu data premier dan data sekunder.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka.

Analisa data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah analisa deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Barang yang diperjual belikan di UD. Mulia Motor adalah kendaraan bermotor bekas berbagai merek seperti: Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan Motor buatan cina.
  2. Sistem penjualan yang ditawarkan di UD. Mulia Motor ada tiga cara yaitu sistem penjualan tunai, kredit dan tukar tambah.
  3. Volume penjualan tertinggi pada merek Honda baik dengan sistem penjualan tunai, kredit maupun tukar tambah.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi pada Perusahaan Percetakan
  2. Upaya Pt.Telkom Distel Solo dalam Meningkatkan Volume Penjualan Sambungan Telepon Baru
  3. Strategi Marketing Mix Yang dilakukan pada Usaha Dagang Budi Mas
  4. Praktek Penjualan Motor Bekas pada Ud. Mulia Motor Masaran Sragen
  5. Peramalan Kebutuhan Bahan Baku Aluminiumwire pada PT. Tomoko Daya Perkasa Metallizing

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply