HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi: Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pd PD. BPR BKK BLORA KOTA CABANG JEPON

Judul Tesis : Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada PD. BPR BKK BLORA KOTA CABANG JEPON

 

A. Latar Belakang Tesis

Lembaga Perbankan (Bank) sebagai salah satu lembaga keuangan mempunyai nilai strategis dalam kehidupan perekonomian suatu negara. Menurut Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998, tentang Perbankan yang dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak (Rakub, 2003: 5). Dengan demikian perbankan akan bergerak dalam kegiatan perkreditan dan berbagai jasa yang diberikan, bank melayani kebutuhan pembiayaan serta melancarkan mekanisme sistem pembayaran bagi semua sektor perekonomian. Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, perusahaan akan menggunakan sistem yang paling sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan.

Sistem merupakan bagian yang penting dalam perusahaan karena berfungsi untuk mengarahkan perusahaan dalam kegiatan operasional untuk mengontrol semua bagian yang ada dalam perusahaan. Suatu sistem dikatakan baik apabila sistem tersebut memadai dan pelaksanaannya tidak menyimpang, jadi baik buruknya suatu sistem tergantung dua hal yaitu sistem itu sendiri dan pelaksanaannya. Sistem yang baik meliputi fungsifungsi yang terkait, catatan-catatan yang digunakan, dokumen-dokumen yang digunakan, pengendalian internnya serta bagan alir (flowchart). Pelaksanaan sistem yang menyimpang terus menerus akan mengacaukan kegiatan operasional perusahaan dan menghilangkan fungsi itu sendiri.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apa saja fungsi yang terkait dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon?
  2. Apa saja catatan akuntansi yang digunakan dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon?
  3. Apa saja dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon?

 

C. Landasan Teori

Sistem

Sistem adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu (Mulyadi, 2001: 2). Menurut West Churchman (Krismiaji, 2002: 1) Sistem merupakan serangkaian komponen yang dikoordinasikan untuk mencapai serangkaian tujuan.

 

Akuntansi

Definisi akuntansi yang dikeluarkan oleh American Institute Of Certified Public Accountans (AICPA) adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memilih alternatifalternatif dari suatu keadaan (Baridwan, 1992: 1).

 

Kas

Kas merupakan aktiva yang paling likuid, dalam arti sering berubah karena sebagian besar transaksi perusahaan berhubungan dengan kas. Kas merupakan suatu alat pertukaran dan juga digunakan sebagai ukuran dalam akuntansi (Baridwan, 2000: 85).

 

D. Metode Penelitian

Lokasi penelitian di PD BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon yang beralamat di Jl. Raya Blora-Cepu Km 7 kecamatan Jepon kabupaten Blora.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Data yang dikumpulkan disajikan dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Fungsi yang terkait dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon adalah kasir, seksi dana, seksi kredit, seksi pembukuan dan fungsi pemeriksa intern. Meskipun fungsi yang terkait hampir sama namun tugas seksi dana dan seksi kredit dalam mengotorisasi slip setoran tunai diserahkan kepada fungsi kasir. Dalam unsur pengendalian internnya diperlukan adanya fungsi pemeriksa intern pada perusahaan untuk dapat melakukan pemeriksaan pada laporan keuangan secara periodik.
  2. Pada bagan alir sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon, tugas untuk mengotorisasi slip setoran tunai diserahkan kepada fungsi kasir saja untuk memudahkan nasabah dalam melakukan setoran tunai pada perusahaan.

 

Contoh Tesis Akuntansi

  1. Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Koperasi Karyawan RS Telogorejo Semarang
  2. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada Pada BPR Blora Kota Cabang Jepon
  3. Sistem Akuntansi Penggajian Pada PT Sinabro Java Garment Bawen Kabupaten Semarang
  4. Sistem Akuntansi Penjualan Pada Minimarket Primer Koperasi Polwiltabes Semarang
  5. Sistem Pemberian Kredit Pada PT BPR Mekar Bunga Nugraha Klepu

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)