HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi: Prosedur Pembelian Persediaan pd PRIMKOP Polwiltabes Semarang

Judul Tesis : Prosedur Pembelian Persediaan pada PRIMKOP Polwiltabes Semarang

 

A. Latar Belakang

Kecepatan perubahan dan pertumbuhan perekonomian terkecuali global mendorong setiap perilaku ekonomi yang ada tidak terkecuali wujud dan perannya sebagaimana dalam Undang-Undang Dasar 1945. Koperasi harus banyak berbenah diri baik berorganisasi, usaha, maupun sistem manajemen, sehingga pada saatnya nanti tidak ketinggalan jauh dari para perilaku ekonomi lainnya. Mengingat wujud nyata koperasi pada saat ini bukan hanya sekedar sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berwatak sosial akan tetapi lebih daripada itu merupakan suatu badan usaha yang melandaskan kegiatannya berdasar prinsip koperasi dan berorientasi untuk meningkatkan pendapatan dengan tidak menghilangkan adanya motif sosial.

Dalam suatu kegiatan usaha, pengendalian merupakan kunci pokok suatu usaha koperasi dalam rangka mencapai tujuannya yaitu memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 (Undang-Undang No. 25 tahun 1992 tentang Perekonomian pasal 3). Kecermatan dalam pencatatan akuntansi akan membantu terwujudnya efisiensi kerja, oleh karena itu dirasa sangat perlu untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur akuntansi dari suatu kegiatan usaha.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana unit organisasi yang terkait pembelian dan tugas masing-masing bagian ?
  2. Dokumen atau formulir apa saja yang digunakan dalam melakukan pembelian ?
  3. Bagaimana prosedur pembelian ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Prosedur Pembelian

Sistem dan prosedur yang digunakan oleh suatu perusahaan di dalam melakukan aktivitasnya, merupakan suatu hal yang harus diperhatikan karena berhubungan dengan pengendalian perusahaan sebagai kunci pokok suatu usaha. Demikian pula dengan prosedur pembelian bahan ataupun persediaan yang terjadi di perusahaan merupakan kegiatan rutin yang sering membawa beberapa persoalan yang kadang-kadang menyebabkan pertentangan mengenai kualitas, kuantitas, dan pembayaran dari bahan yang dibeli tersebut. Karena merupakan fungsi yang sangat penting maka segala transaksi pembelian dan pengawasannya tidak dilakukan oleh satu orang saja tetapi ditangani oleh beberapa bagian yang menangani masalah pembelian.

Prosedur Pembelian

Masalah pembelian persediaan tanggung jawab pimpinan atau bagian yang dilimpahi wewenang untuk menangani hal tersebut. Bagian yang dilimpahi bidang ini adalah bagian pembelian. Pelaksanaan pembelian dimulai saat diputuskan pembelian sampai faktur dan barang diterima serta sampai pada kewajiban perusahaan untuk membayar.

Pengendalian Intern

“Pengendalian intern meliputi struktur organisasi dan semua caracara serta alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan dalam perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, memajukan efisiensi dan operasi, dan membantu menjaga dipatuhinya kebijaksanaan management yang telah ditetapkan lebih dulu.”

 

D. Metode Penelitian

Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara langsung dengan pembimbing lapangan, pegawai dan pejabat fungsional dan pejabat struktural di Primkop Polwiltabes Semarang, observasi pelaksanaan kegiatan audit, serta pengumpulan data dengan metode kepustakaan.

Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kualitiatif dalam bentuk pernyataan dan uraian, serta memberikan saran perbaikan prosedur pembelian persediaan yang dilaksanakan di Primkop Polwiltabes Semarang.

 

E. Kesimpulan

  1. Pembelian di PRIMKOP POLWILTABES SEMARANG ditangani oleh Unit Pertokoan yang diawasi langsung oleh kepala unit pertokoan.
  2. Bagian yang terlibat dalam pembelian adalah bagian pembelian, bagian penerimaan barang, bagian gudang, dan bagian pembukuan.
  3. Prosedur Pembelian Persediaan Pada PRIMKOP POLWILTABES SEMARANG secara ringkas adalah apabila persediaan barang penjualan habis, bagian penjualan membuat catatan kebutuhan barang yang harus dipesan.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Penentuan Harga Pokok Produksi Teh di Perkebunan Tambi, Wonosobo
  2. Prosedur Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Oleh Kantor Perwakilan BPKP
  3. Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah pada Kantor Perwakilan BPKP
  4. Prosedur Pembelian Persediaan pada Primkop Polwiltabes Semarang
  5. Prosedur Penanganan Kredit Macet pada PD BPR Bank Pasar Pati

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)